Winda Lestari. UPAYA GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA PADA GUGUS MONTASIK. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak lestari, winda 2018. upaya guru pendidikan jasmani dalam membina kedisiplinan siswa pada gugus montasik, skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala, pembimbing: (1) drs m. nasir yusuf, m. kes (2) drs. bukhari, m. pd kata kunci: guru pendidikan jasmanai, kedisiplinan siswa guru pendidikan jasmani diharapkan berperan aktif dalam membina kedisiplinan siswa. guru pendidikan jasmani dapat melakukan pendekatan yang menarik bagi siswa melalui proses pembelajaran pendidikan jasmani. sehingga, guru dapat dengan mudah mengarahkan dan membina siswa. rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah upaya dan apakah kendala yang dilakukan oleh guru pendidikan jasamani dalam membina kedisiplinan siswa pada gugus montasik. adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui upaya dan kendala yang dilakukan oleh guru pendidikan jasmani dalam membina kedisiplinan siswa pada gugus

Baca Juga : UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU SEKOLAH DASAR PADA GUGUS 4 KECAMATAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH (RAHMAT SUSANTO, 2017) ,

Baca Juga : TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA SMP NEGERI 13 BANDA ACEH (muhammad iqbal, 2016) ,

katan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek penelitian ini terdiri dari lima orang guru penjaskesrek. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. analisis data menggunkan reduksi data, display data dan verifikasi data dan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru penjaskesrek dalam penerapan kedisiplinan di sd gugus montasik dengan cara membiasakan siswa disiplin dalam belajar dan memberikan keteladanan bagi siswa. guru mengarahkan siswa untuk tertib dalam belajar, mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam belajar, mengerjakan tugas tepat waktu, mengarahkan siswa berpakaian rapi dan sopan, mengarahkan siswa disiplin dalam menggunakan waktu dan tidak bermain-main saat jam belajar dan siswa tidak diperbolehkan keluar masuk kelas tanpa seizin guru. strategi yang digunakan oleh guru dalam melakukan peningkatan kedisiplinan siswa yaitu melalui pengkondisian sekolah dengan menempelkan tata terib sekolah, kata-kata yang berkaitan dengan kedisiplinan dan juga kata-kata motivasi agar siswa dapat membacanya. selain itu, guru juga mengkondisikan siswa dengan memberikan contoh teladan bagi siswa, sehingga siswa dapat mencontoh perilaku yang dilakukan oleh guru. kendala yang dihadapi guru dalam penerapan kedisiplinan terdiri atas tidak adanya motivasi dalam hal belajar disiplin ketika berada dirumah sehingga itu akan mempengaruhi sikap mereka untuk berdisiplin, kondisi lingkungan dan teman yang belum memberikan contoh yang baik bagi siswa lainnya terhadap arti tata tertib sekolah dengan

Tulisan yang relevan

TINGKAT KEMAMPUAN SISWA TERHADAP MATERIRNMENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAHRNKELAS IV SDN GUGUS MONTASIK (HAJI AMEILAN SARI, 2014) ,

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA (zulfadli, 2014) ,

KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN GUGUS II KECAMATAN SUKAJAYA KOTA SABANG TAHUN 2014 (Edy Saputra, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi