RULFA ARISKA. PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUDUT DI KELAS IV SDN 69 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak ariska, rulfa. 2019. pengaruh permainan ular tangga matematika terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sudut di kelas iv sdn 69 banda aceh, skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala, pembimbing: linda vitoria, s.si., m.sc., (2) drs. adnan, m.pd. kata kunci: permainan ular tangga, materi sudut sebagai seorang pendidik adalah penting untuk merancang suatu pembelajaran yang melibatkan langsung peserta didik langsung ke dalamnya. salah satu cara yang dapat dilakukan agar pembelajaran aktif dan tujuan pembelajaran pun tercapai yaitu dengan menerapkan permainan ular tangga matematika, yaitu belajar sambil bermain. penelitian ini meneliti pengaruh permainan ular tangga terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sudut di kelas iv sd negeri 69 banda aceh. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. bentuk desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-experimental

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (YANTI MUHARRAMI , 2016) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Ria Afriza, 2017) ,

ns dengan model one shot case study. tehnik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t pihak kanan. dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah peserta didik kelas iv sd negeri 69 banda aceh yang berjumlah 30 peserta didik, 19 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik yaitu 30 orang. adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes tertulis terdiri atas 5 soal. hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = n 1 = 30 1 = 29, diperoleh t_(0,95(29)) = 1,70 dan t_(hitung )=7,10. t_(hitung )> t_(tabel )yaitu 7,10 > 1,70 dengan demikian h0 ditolak dan h1 diterima, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan permainan ular tangga matematika terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sudut di kelas iv sd negeri 69 banda aceh.

Tulisan yang relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DIPADU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI MAN KOTA BANDA ACEH (MULYANI, 2018) ,

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH (DELISMA SIREGAR, 2019) ,

KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Meri Muliana, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi