Ulfa Usma. PENGEMBANGAN HANDOUT TERINTEGRASI NILAI-NILAI RELIGI PADA KONSEP ASAM BASA KELAS XI SMAN 1 PEUKAN BADA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak kata kunci: handout, religi, asam basa penelitian dan pengembangan yang dilakukan berjudul “pengembangan handout terintegrasi nilai-nilai religi pada konsep asam basa kelas xi sman 1 peukan bada. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan handout, aktivitas peserta didik, ketuntasan hasil belajar peserta didik, respon peserta didik dan guru serta penilaian self-assesments peserta didik. populasi dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas xi sma negeri 1 peukan bada. sampel pada penelitian ini adalah kelas xi mia-3 sman 1 peukan bada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 5 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. teknik sampel yaitu purposive sampling dimana kelas xi-mia.3 merupakan kelas yang dipilih berdasarkan wawancara dengan guru bidang studi kimia bahwa kelas tersebut merupakan yang paling rendah nilainya dibandingkan kelas xi lainnya. data diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar soal tes tertulis

Baca Juga : PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS EMPAT PILAR PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA KELAS XIRNDI SMA NEGERI 9 BANDA ACEHRNPENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS EMPAT PILAR PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA KELAS XIRNDI SMA NEGERI 9 BANDA ACEHRNPENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS EMPAT PILAR PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA KELAS XIRNDI SMA NEGERI 9 BANDA ACEHRNPENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS EMPAT PILAR PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Cut Ellyza, 2015) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP ASAM BASA (MUSLIMATUL WALIDAH, 2017) ,

peserta didik, lembar angket tanggapan peserta didik dan guru serta lembar angket penilaian self-assesments peserta didik. adapun hasil penelitian, persentase aktivitas peserta didik pada petemuan pertama sebesar 91,60 % dan meningkat pada pertemuan kedua sebesar 99,4 %. hasil belajar peserta didik meningkat setelah menggunakan handout terintegrasi nilai-nilai religi. persentase hasil respon peserta didik sebesar 99,56 %. respon guru terhadap handout terintegrasi nilai-nilai religi yang telah dikembangkan sebesar 86,45% serta terdapat 6 dari 7 aspek membuat self-assesment yang meningkat. kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah handout terintegrasi nilai-nilai religi layak digunakan dan setelah diimplementasikan dapat meningkatkan aktivitas peserta didik, hasil belajar, self-assesment peserta didik serta mendapatkan respon yang sangat baik dari guru maupun peserta

Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMAN 12 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Henni Erlia, 2018) ,

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI TITRASI ASAM BASA DI KELAS XI PADA SMAN 7 BANDA ACEH (Tursina, 2015) ,

PENGEMBANGAN MEDIA CHEMOPOLY GAME PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMAN 1 PEUKAN BADA (Farah Meutia, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi