RAHMATUN HIJRIAH. PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPESTAD(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SKALA KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak hijriah, rahmatun. 2019. pengaruh model kooperatif tipe stad (student teams achievement division) terhadap hasil belajar siswa materi skala kelas v sd negeri 69 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing : drs. fauzi, m.pd., (2) linda vitoria, s.si., m.sc. kata kunci: model kooperatif tipe stad, materi skala, hasil belajar dalam pelajaran matematika, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya nilai siswa, salah satunya adalah cara mengajar guru yang kurang tepat. skala merupakan pelajaran yang relatif sulit karena skala tidak bisa diwujudkan menggunakan media konkret. oleh karena itu, untuk memudahkan siswa dalam belajar, diterapkan model pembelajaran yang sesuai. model pembelajaran kooperatif tipe stad merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dan mudah diterapkan di sd. oleh karena itu peneliti berupaya menginvestigasi pengaruh model kooperatif tipe stad

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Zakiah Rahmi, 2014) ,

Baca Juga : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS VII SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Dovran Abdyrahmanov, 2014) ,

rhadap hasil belajar siswa pada materi skala di kelas v sd negeri 69 banda aceh. secara khusus penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar siswa pada materi skala di kelas v sd negeri 69 banda aceh. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental designs (nondesigns). populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas v sd negeri 69 banda aceh yang berjumlah 34 siswa. sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas v yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes berbentuk essay dan pilihan ganda, terdiri dari 4 soal essay dan 6 soal pilihan ganda. data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 33, dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu tolak h_0 jika t ? t_(1-a) dan terima h_1, atau t_(hitung )? t_tabel diperoleh?( @ t)_hitung = 4,51 dan t_tabel = 1,70 sehingga 4,51 ? 1,70. dengan demikian maka h_0 di tolak dan h_1 diterima, sehingga berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan model kooperatif tipe stad berpengaruh pada materi skala di kelas v sd negeri 69 banda aceh. sehingga hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh signifikan penggunaan model kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar siswa kelas v sd negeri 69 banda aceh” dapat

Tulisan yang relevan

HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN STAD PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ARDIAN, 2014) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM (royki rosmandi, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi