HAUNA LAYYINA. PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak layyina, hauna. 2019. pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika pada materi penyajian data di kelas v sd negeri 69 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dra. monawati, m.pd (2) drs. adnan, m.pd kata kunci : pengaruh, model discovery learning, penyajian data, hasil belajar seorang guru diharapkan mampu membimbing aktivitas dan potensi siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai. hal ini perlu dilaksanakan agar kualitas pembelajaran menjadi optimal. penelitian ini meneliti pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika pada materi penyajian data di kelas v sd negeri 69 banda aceh. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. bentuk desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-experimental designs (nondesigns) dengan model

Baca Juga : PEMEBELAJARAN PROGRAM LINEAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI (Ulya Rohaizati, 2017) ,

Baca Juga : HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (Sri Fitri Ayu, 2018) ,

one shot case study. teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t. populasi dalam penelitian adalah siswa kelas v sd negeri 69 banda aceh yang berjumlah 34 siswa. sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas v yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes berbentuk esai yang terdiri dari 6 soal esai. data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 33. dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu tolak h_0 jika t ? t_(1-a) dan terima h_1. karena thitung > ttabel yaitu thitung = 23,78 dan ttabel 1,70 , sehingga 23,78 > 1,70. dengan demikian h_0 ditolak sehingga h_1 diterima. sehingga berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan model discovery learning berpengaruh pada materi penyajian data di kelas v sd negeri 69 banda aceh. sehingga hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh signifikan penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa di kelas v sd negeri 69 banda aceh” dapat

Tulisan yang relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 1 MONTASIK (FARTIKA TARWIAH, 2018) ,

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI VOLUME KERUCUT BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BANDA ACEH (RATNA AYU, 2018) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (ULFA MEIRIDA, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi