SIGNORINA KASVIA. PERAN GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI SISWA SMA DI KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana peran guru geografi dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami siswa sma di kota banda aceh, dan (2) bagaimana tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami siswa sma di kota banda aceh. tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui peran guru geografi dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami siswa sma di kota banda aceh, dan (2) mengetahui tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami siswa sma di kota banda aceh. penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah 29 guru geografi dan seluruh siswa jurusan ips di sma negeri di kota banda aceh. sampel penelitian sebanyak 15 guru sedangkan untuk siswa 10 siswa setiap sekolahnya diambil secara purposive random sampling. pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada guru dan soal tes kepada siswa. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini

Baca Juga : PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH (Misrayana, 2018) ,

Baca Juga : KESIAPSIAGAAN GURU DALAM MENGHADAPI BENCANA RNGEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI SEKOLAH DASAR RNNEGERI DI WILAYAH KECAMATAN MEURAXA RNDAN KUTA ALAM: A COMPARATIVE STUDY (ALFIYATUL RAHMI, 2015) ,

kan rumus persentase statistik deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil analisis dari 15 guru geografi pada delapan sma negeri di kota banda aceh dapat diketahui bahwa peran guru geografi dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami siswa lebih dominan pada kategori sedang, dari jawaban 6 guru sebagai responden (40%). dan (2) hasil analisis tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami dari 77 siswa jurusan ips pada delapan sma negeri di kota banda aceh dapat diketahui bahwa tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami pada siswa berada pada tingkat kesiapsiagaan sangat siap, dari jawaban 26 siswa sebagai responden (33,76 %). kata kunci: peran, guru geografi, kesiapsiagaaan, bencana, siswa

Tulisan yang relevan

EFEKTIVITAS PENERAPAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP KESIAPSIAGAAN KOMUNITAS SMP ISLAM YPUI BANDA ACEH (H A M D A N, 2016) ,

PENGARUH PENGINTEGRASIAN MATERI KEBENCANAAN KEDALAM KURIKULUM TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH DI BANDA ACEH (Sabri, 2014) ,

IDENTIFIKASI KEBUTUHAN SMA NEGERI 2 KLUET UTARA MENJADI SEKOLAH SIAGA BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI (FADLI SUHADA, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi