nurul fajri. PENERAPAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 6 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak fajri, nurul. 2019. penerapan media pop up book pada mata pelajaran ips terpadu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 6 banda aceh, skripsi, jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. alamsyah, m.si. (2)drs. hasmunir, m.si. kata kunci: penerapan, media pembelajaran, pop up book, hasil belajar, ips terpadu media visual buku pop up atau pop up book merupakansuatu media pembelajaran menggunakan kertas dirangkai dan dibentuk menjadi gambar tiga dimensi dan digabungkan menjadi satu buku. media pop up book memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kecerdasan verba-liguistik pada siswa yang diberikan perlakuan dengan media pop up book. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa; (2) aktivitas guru dan siswa; (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran

Baca Juga : PERANCANGAN DAN EFEKTIVITAS MEDIA BELAJAR POP-UP BOOK DENGAN MODEL ADDIE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI VULKANISME KELAS VII SMP PKPU ACEH BESAR (Marhamah, 2016) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Irfan. S, 2015) ,

pop up book. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii-1 smp negeri6 banda aceh yang berjumlah 30siswa. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) lembar pre-test dan post-test; (2) lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) angket respon siswa.analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan secara individual dan klasikal meningkat pada setiap siklus maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) jumlah aktivitas guru dan siswa meningkat dari 6 aktivitas sesuai pada siklus i menjadi 8 aktivitas sesuai pada siklus ii dan 9 aktivitas sesuai pada siklus iii.(3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari skor 2,3 dengan kategori sedang pada siklus i menjadi 2,8 dengan kategori baik pada siklus ii dan 3,2 dengan kategori baik pada siklus iii. (4) pada umumnya atau sebanyak 98% siswa menyatakan setuju bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pemebelajaran pop up book sangat menyenangkan dan membantu siswa dalam memahami materi

Tulisan yang relevan

PERANCANGAN DAN EFEKTIVITAS MEDIA BELAJAR POP-UP BOOK DENGAN MODEL ADDIE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI VULKANISME KELAS VII SMP PKPU ACEH BESAR (Marhamah, 2016) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMPNEGERI 1 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN (Taufik hidayat, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi