SUSI SUSANTI M. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBASIS LESSON STUDY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMA NEGERI SAMADUA DAN SMA NEGERI TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Susi susanti.m. 2018. penerapan model cooperative learning tipe jigsaw berbasis lesson study pada materi sistem pernapasan manusia di sma negeri samadua dan sma negeri tapaktuan kabupaten aceh selatan. pembimbing i dr. cut nurmaliah, m.pd. pembimbing ii, prof. dr. m.ali s., m.si. abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan model cooperative learning tipe jigsaw berbasis lesson study pada materi sistem pernapasan manusia. pengumpulan data dilakukan pada bulan maret sampai dengan april 2018. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen one-group pretest-posttest design. penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah yaitu sma n 1 samadua, sma n 2 samadua, dengan sampel penelitian yang berjumlah 63 peserta didik. instrumen yang digunakan adalah soal multiple choice untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi untuk melihat aktivitas peserta didik. analisis data menggunakan rumus

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRESTASI BELAJAR SISWARN KELAS VIII SMP NEGERI 4 LHOKSUKON RNKABUPATEN ACEH UTARA (NURJANNAH, 2014) ,

sentase, uji beda dua rata-rata dengan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe jigsaw berbasis lesson study dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan aktivitas belajar pada materi sistem pernapasan manusia di sma negeri 1 dan sma negeri 2 samadua kabupaten aceh selatan. kata kunci: model tipe jigsaw, lesson study, hasil belajar, aktivitas belajar. susi susanti.m : applying jigsaw cooperative learning model based on lesson study on human respiratory system subject material in sma samadua and sma tapaktuan of south aceh supervisor 1 dr. cut nurmaliah, m.pd. supervisor ii prof. dr. m.ali s., m.si. abstract the objectives of this study are to find out students' improvement in learning outcomes and their learning activities by applying jigsaw cooperative learning based on lesson study model on the human respiratory system material subject. the data collection was carried out in march to april 2018. the study used one-group pretest-posttest design method which conducted at two senior high schools: sma n 1 samadua and sma n 2 samadua with the sample of 63 students. the instruments used in the study were close-ended questions and observation sheets. the former instrument was used to measure students' learning outcomes while the latter was used for observing students' learning activities in the classroom. the collected data was analyzed through percentage and t-test. the result showed that the jigsaw cooperative learning based on lesson study model can improve the students' learning outcomes and their learning activities on the human respiratory system material subject at sma negeri 1 and sma negeri 2 samadua of south aceh. keywords: jigsaw model, lesson study, learning outcome, learning

Tulisan yang relevan

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII-2 RNSMP NEGERI 2 SAMADUA ACEH SELATAN (Maryulis, 2014) ,

EXPLORING TEACHERS` WAYS OF TEACHING SPEAKING (A CASE STUDY AT SMA NEGERI 1 BIREUEN) (Juraini, 2017) ,

THE IMPLEMENTATION OF JIGSAW TECHNIQUE IN TEACHING READINGRN(A DESCRIPTIVE STUDY AT SMA N 1 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG, KAB. BIREUEN) (Murniati, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi