SRY RASYIIDU TEBE. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN LINGUISTIK-VERBAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak sry rasyiidu tebe (2019). pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan linguistik-verbal dan kecerdasan logis matematis. guru belum memberikan perhatian terhadap kecerdasan linguistik-verbal dan logis matematis siswa. hal ini disebabkan kurangnya pemahaman dan ide guru dalam merancang pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan linguistik- verbal dan logis matematis. guru kurang dibekali dengan pemahaman mengenai pembelajaran berbasis kecerdasan linguistic-verbal dan kecerdasan logis matematis. oleh karena itu, perlu disediakan perangkat pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guru. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan verbal dan logis matematis yang valid, praktis dan efektif. perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu rpp, las, dan tes hasil belajar. subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas vii smpn 2 banda aceh. penelitian

Baca Juga : KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA SMA (DECY PRAMITA SARI YUSNA, 2018) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES) (Elsa Rahmah, 2017) ,

ini termasuk development research dengan model plomp yang terdiri atas tiga fase, yaitu investigasi awal, perancangan, dan penilaian. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti kepada fase tersebut. data yang diperoleh pada masing-masing tahap diambil dengan merelevansikan indikator valid, praktis, dan efektif. hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. valid diperoleh dari rekomendasi pakar, praktis diperoleh dari validator yang menyatakan perangkat dapat diterapkan dan berada pada kategori baik, sedangkan efektif diperoleh karena berdasarkan pelaksanaan di kelas perangkat pembelajaran memenuhi empat dari enam indikator kriteria efektif, yaitu aktivitas siswa meningkat di setiap pertemuan, tes formatif dan tes hasil belajar cenderung meningkat, siswa memberikan memberikan respon positif, dan pengamat memberikan respon positif. kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, pembelajaran matematika, kecerdasan linguistik-verbal, kecerdasan logis

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN MULTIPLE INTELLIGENCE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Aulia Fitri, 2017) ,

KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI KELAS VII MTSN 4 BANDA ACEH (Aulia Putri Miranda, 2019) ,

PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 10 KOTA BANDA ACEH (Meutiara Dini Marpaung, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi