Zulfa Fatma. PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Zulfa fatma. 2019. pengaruh pembelajaran discovery learning (dl) dipadu think pair share (tps) terhadap hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia di sma negeri 12 banda aceh. pembimbing i dr. hasanuddin, m.si, pembimbing ii dr. safrida, m.si abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran discovery learning dipadu think pair share terhadap hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia di sma negeri 12 banda aceh. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian pretest posttest control group. instrumen yang digunakan adalah tes evaluasi dengan butir soal multiple choice untuk menilai hasil belajar kognitif, soal essay untuk menilai keterampilan berpikir kritis, dan angket motivasi untuk menilai motivasi belajar peserta didik. uji

Baca Juga : “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN KABUPATEN BIREUEN” (Putri Liana, 2018) ,

Baca Juga : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018) ,

esis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen tps+dl dengan nilai thit(1,69) > ttab(1,67). uji hipotesis terhadap nilai posttest keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh nilai thit(4,34) > ttab(1,67) yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen. uji hipotesis terhadap skor motivasi belajar kelas tps+dl dan kelas kontrol diperoleh nilai thit>ttab yaitu 8,07 > 1,67 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. pembelajaran discovery learning dipadu think pair share berpengaruh positif pada hasil belajar, keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. kata kunci: discovery learning, think pair share, hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar, sistem peredaran darah

Tulisan yang relevan

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SAMALANGA (Nurfida Jufra, 2017) ,

PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rita Astarina, 2017) ,

PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA HEWAN TERHADAP BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMAN I LABUHANHAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Yanizar, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi