SORAYATI DWI UTAMI. HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Rendahnya self efficacy dan self regulated learning dapat menyebabkan manajemen waktu belajar sulit diatur, kurangnya keyakinan mahasiswa mendapat nilai yang baik, dan kurangnya perencanaan dalam proses pembelajaran sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap hasil akhir yang dicapai. penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada hubungan antara self efficacy dan self regulated learning dengan prestasi akademik mahasiswa fakultas keperawatan universitas syiah kuala. jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan desain cross sectional study. jumlah sampel penelitian 442 orang yang diambil dengan teknik total sampling. alat pengumpulan data yang digunakan dalam bentuk link google form dengan menggunakan self-efficacy questionnaire (seq) for learning dan self-regulation questionnaire (srq). hasil penelitian didapatkan bahwa tidak ada hubungan self efficacy dengan prestasi akademik p-value (0.103)>? (0.05) dan ada hubungan self regulated learning dengan prestasi akademik

Baca Juga : HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DENGAN INDEKSRNPRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DIRNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ullya Putrija, 2015) ,

Baca Juga : KORELASI SELF-REGULATED LEARNING DENGAN INTENTITAS NONGKRONG DI WARUNG KOPI PADA MAHASIWA JURUSAN BIMBINGAN KONSELING UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Devi Surasti, 2017) ,

lue (0.026)?0.05 pada mahasiswa fakultas keperawatan universitas syiah kuala. self efficacy saling berkaitan erat deng-an self regulated learning, jika self efficacy tidak diikuti dengan self regulated learning maka capaian akademik tidak maksimal, begitu sebaliknya. oleh karena itu, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan self efficacy dan self regulated learning agar dapat mengikuti proses pembelajaran serta mendapatkan hasil yang maksimal. pengelola akademik harus mengembangkan iklim akademik, sistem, dan metode pembelajaran yang memungkinkan dan mendorong peningkatan akademik seperti menyediakan fasilitas yang memadai, memberikan motivasi kepada mahasiswa, serta memiliki metode/system belajar yang

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (eka maulidya, 2014) ,

HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING (SUATU PENELITIAN PADA SMP NEGERI BANDA ACEH) (Seri Astuti, 2017) ,

HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Arif Zailani Siregar, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi