Desi Marlina. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMPN 8 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak marlina, desi. 2019. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning (pbl) berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar ips terpadu siswa smpn 8 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. thamrin k, m. si. (2) h. daska aziz, s. pd., ma. kata kunci: penerapan, problem based learning (pbl), media gambar, hasil belajar adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pbl berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar ips terpadu siswa smpn 8 banda aceh?; (2) bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pbl berbantuan media gambar?; (3) bagaimanakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe pbl berbantuan media gambar?; dan (4) bagaimanakah respon siswa terhadap model pembelajaran

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X-IS1 SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Nurhadiyah, 2019) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN RNKONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (SRI RATNA DEWI, 2015) ,

bl berbantuan media gambar?. pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilakukan di smpn 8 banda aceh pada tanggal 5 maret s.d 6 april 2019. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smpn 8 banda aceh dan sampelnya adalah siswa kelas viii-4 smpn 8 banda aceh yang berjumlah 21 orang. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) lembar soal; (2) lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) lembar respon siswa. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 71% pada siklus i menjadi 81% pada siklus ii dan 91% pada siklus iii. persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 40% pada siklus i menjadi 70% pada siklus ii dan 90% pada siklus iii. (2) persentase kesesuaian aktivitas guru dan siswa meningkat dari 50% pada siklus i menjadi 80% pada siklus ii dan 90% pada siklus iii. (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari skor 2,96 dengan kategori baik pada siklus i menjadi 3,47 dengan kategori baik pada siklus ii dan 3,56 dengan kategori sangat baik pada siklus iii. (4) pada umumnya atau sebanyak 93,65% respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pbl berbantuan media gambar sangat baik. berdasarkan hasil belajar siklus i, ii, dan iii maka dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Rahmi Hidayana, 2017) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Siti Asra, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Sari Aini, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi