MIRA ZAHARA. HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak zahara, mira. 2019. hubungan pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan sekolah dan minat baca dengan hasil belajar siswa kelas xi ips sma negeri 12 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. alamsyah taher, m.si (2) drs. abdul wahab abdi, m.si kata kunci: hubungan, pemanfaatan sumber belajar geografi, minat baca, hasil belajar, geografi pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan adalah menggunakan segala sesuatu yang terdapat di perpustakaan untuk memperoleh informasi dalam mempelajari mata pelajaran geografi. minat baca merupakan kecenderungan jiwa yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan membaca. penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan sekolah dan minat baca dengan hasil belajar siswa kelas xi ips sma negeri 12

Baca Juga : MINAT BACA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Cut Dara Nastianti, 2014) ,

Baca Juga : PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VSD NEGERI 69 BANDA ACEH (Elly Armanusah, 2017) ,

nda aceh. pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. populasi penelitian adalah siswa kelas xi ips sma negeri 12 banda aceh yang berjumlah 77 siswa dan diambil sampel sebanyak 44 siswa dengan menggunakan teknik random sampling dari kelas xi ips 1 , xi ips 2 dan xi ips 3 sman 12 banda aceh. hasil penelitian menunjukkan hubungan pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan sekolah dan minat baca dengan hasil belajar siswa kelas xi ips pada kategori kuat. hasil analisis regresi ganda diperoleh y = 16,65 + 0,28 x1 + 0,53 x 2 dan koefisien korelasi ganda sebesar 0,61 yang artinya terdapat hubungan yang kuat, dengan koefisien determinasi berganda (kp) = 37,21%. uji hipotesis menunjukkan bahwa lebih besar dari atau 12,14 > 3,23 yang berarti h a diterima. simpulannya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan sekolah dan minat baca dengan hasil belajar siswa kelas xi ips sma negeri 12 banda

Tulisan yang relevan

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 46 KOTA BANDA ACEH (Julia Saputri, 2018) ,

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI FISIKA DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015) ,

HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (julianda saputra, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi