SYARIF AHYA. PENANAMAN NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI KUTA SIMBOLING KABUPATEN ACEH SINGKIL. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak ahya, syarif. 2019. penanaman nilai moral pada peserta didik melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sd negeri kuta simboling kabupaten aceh singkil. skripsi. jurusan pendidikan sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) mislinawati, s.pdi, m.pd., (2) dra. nurhaidah m. insya musa, m.pd. kata kunci: penanaman, nilai moral, pendidikan kewarganegaraan nilai moral adalah kelakuan yang timbul dalam jiwa manusia akibat adanya perpaduan antara hati nurani, pikiran, dan kebiasaan yang dikerjakan oleh seseorang mengenai perbuatan yang baik atau buruk. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penanaman nilai moral pada peserta didik melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sd negeri kuta simboling kabupaten aceh singkil dan (2) usaha yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan nilai moral pada peserta didik melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sd negeri kuta simboling,

Baca Juga : STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH (PUTRI RAUZATUL JANNAH, 2019) ,

Baca Juga : PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014) ,

kabupaten aceh singkil. pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek penelitian ini adalah 2 orang guru kelas iv dan v serta 29 orang peserta didik. tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya empat nilai saja yang sudah mulai dikembangkan yaitu nilai keadilan, kejujuran, mandiri, dan peduli terhadap lingkungan. kebanyakan peserta didiknya masih berprilaku yang kurang baik dilingkungan sekolah. simpulan penelitian ini adalah penanaman nilai moral yang dilakukan oleh guru pada peserta didik di sd negeri kuta simboling belum dilaksanakan dengan baik, karena masih ada nilai moral yang belum dikembangkan yaitu nilai religius, peduli sosial, demokrasi, dan tanggung jawab. usaha yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai moral pada peserta didik dilakukan dengan cara menjalin hubungan kerjasama dengan orang tua peserta didik serta memberikan nasehat, bimbingan, dan mencontohkan akan prilaku yang baik pada peserta didik di

Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE DENGAN MODEL ARTIKULASIPAD A MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH (NURUL KHASANAH, 2018) ,

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Fauzan, 2018) ,

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA CAEH (Annisa Mustika, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi