INTAN WIDYA PUTRI. IMPLEMENTASI METODE KARYAWISATA TERHADAP KECERDASAN NATURALIS ANAK DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak putri, intan widya. 2019. implementasi metode karyawisata terhadap kecerdasan naturalis anak di tk it mon kuta banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan guru anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dra israwati, m.si. (2) saptiani, m.pd.i. kata kunci: metode karyawisata, kecerdasan naturalis, anak usia dini. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode karyawisata terhadap kecerdasan naturalis anak. permasalahan yang terjadi di tk it mon kuta banda aceh terdapat anak yang tidak menyayangi tumbuhan di lingkungan sekolahnya dan terdapat anak yang mengganggu binatang. hal tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan naturalis anak di tk it mon kuta belum berkembang. penelitian ini mengangkat masalah bagaimana implementasi metode karyawisata terhadap kecerdasan naturalis anak. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan teknik observasi dan unjuk

Baca Juga : MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI MEDIA BAHAN ALAM DI PAUD IT ANEUK SHALEH CERIA DESA NEUHEUN KABUPATEN ACEH BESAR (Ratna Maulisa, 2016) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI SENTRA BAHAN ALAM PADA PAUD TERPADU DHARMA WANITA KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Yunisari, 2016) ,

. hasil penelitian implementasi metode karyawisata terhadap kecerdasan naturalis anak terdiri dari tiga tahap, pertama persiapan yaitu menyiapkan surat izin orangtua, menyediakan tanda pengenal, menginformasikan kepada orang tua untuk membawa bekal, menyiapkan kamera, dan menetapkan tata tertib. kedua pelaksanaan yaitu guru membawa anak ke lokasi karyawisata pertama untuk mengenal flora dan karyawisata kedua untuk mengenal fauna. ketiga tindak lanjut yaitu penilaian atau evaluasi. dapat diperoleh hasil bahwa anak sudah mampu mengenal hewan dan tumbuhan, mampu menyayangi hewan dan tumbuhan, dan mampu menjaga kebersihan lingkungan yaitu membuang sampah pada tempatnya. disarankan kepada pendidik metode yang sesuai untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak adalah metode

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN STIMULASI KECERDASAN PRALAHIR DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2012 (Zamharira Al Marabi, 2014) ,

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK MELALUI KREATIVITAS PENCAMPURAN WARNA PADA TK IT AL-AZHAR BANDA ACEH (NOVITA FANNY, 2016) ,

PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI PADA ANAK DENGAN IBU BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA (Annisa, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi