NURUL FITRI. KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTSN 4 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Kemampuan representasi matematis yang dimiliki peserta didik belum berkembang dengan baik. hal ini terlihat dari peserta didik yang tidak dapat memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika. rendahnya kemampuan representasi matematis mempengaruhi hasil belajar peserta didik. strategi pembelajaran yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan representasi matematis yaitu model problem based learning. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model problem based learning di kelas viii mtsn 4 banda aceh. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental design. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii mtsn 4 banda aceh yang terdiri atas lima kelas. pengambilan sampel dilakukan secara acak dan diperoleh kelas viii-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas viii-5 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. data

Baca Juga : KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTSN 4 BANDA ACEH (NURUL FITRI, 2019) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Yuni Herdiana, 2018) ,

penelitian ini yaitu hasil tes kemampuan representasi matematis siswa yang dikumpulkan melalui tes berupa soal essay yang terdiri atas empat soal yang sudah relevan dengan indikator-indikator kemampuan representasi matematis. hasil tes kemampuan representasi matematis siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 62 dan pada kelas kontrol 48. analisis data dengan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan ? = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = 58 diperoleh t_tabel=1,67, sehingga t_hitung=3.83 > ?1,67=t?_tabel berakibat terjadi penolakan terhadap h_0. hal ini dapat dikatakan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pbl lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel di mtsn 4 banda

Tulisan yang relevan

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019) ,

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (Rahmah, 2015) ,

MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nurul Fitri, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi