Adelia Safitri. RANCANG BANGUN APLIKASI SKULA UNTUK MEMBANTU PELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA KAMP PENGUNGSIAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Secara geografis indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu lempeng benua asia, benua australia, lempeng samudera hindia dan samudera pasifik. kondisi tersebut sangat berpotensi sekaligus rawan bencana seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah longsor. akibat yang ditimbulkan dari bencana yang terjadi berdampak buruk bagi banyak aspek kehidupan, terutama pada bagian pendidikan. tidak hanya infrastruktur bangunan sekolah yang rusak, sarana dan prasarana lain yang turut mendukung proses belajar mengajar seperti papan tulis, buku panduan mengajar dan media belajar lainnya juga ikut rusak. hal tersebut dapat mengganggu proses belajar mengajar dan proses belajar mengajar tertunda untuk waktu yang lama. jarang sekali ditemukan bahwa sumbangan yang datang berupa buku cetak paket yang standar digunakan untuk belajar dan mengajar. akibatnya, proses belajar mengajar akan terlaksana secara sederhana tanpa menggunakan

Baca Juga : RANCANG BANGUN APLIKASI SKULA UNTUK MEMBANTU PELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA KAMP PENGUNGSIAN (Adelia Safitri, 2019) ,

Baca Juga : PEMBUATAN ANIMASI MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRIK BANGUN DATAR SEGITIGA TINGKAT SEKOLAH DASAR (putri naila sari, 2014) ,

buku teks sebagai panduan. untuk mengatasi masalah yang terjadi, dibutuhkan sebuah solusi yang dapat mengatasi permasalahan pendidikan setelah terjadinya bencana pada kamp pengungsian. maka dari itu perlu dibuatkan sebuah aplikasi berupa e-learning yang dinamakan dengan skula. aplikasi ini dapat menyediakan materi pelajaran berbentuk teks dan video. materi dan video yang disajikan berdasarkan yang diunggah oleh guru atau tenaga ajar lainnya. skula dibangun dengan menggunakan ionic framework yang menghasilkan aplikasi mobile android. aplikasi ini bersifat hybrid dengan memanfaatkan teknologi web seperti html, css dan javascript. skula juga dibangun dengan menggunakan metode user centered design (ucd) dimana kebutuhan pengembangan aplikasi diambil dari pengalaman pengguna yang sangat berperan penting dalam pengembangan aplikasi ini. skula dioperasikan secara offline dengan menggunakan jaringan lokal (lan) yang bersumber dari sebuah laptop yang berfungsi sebagai server sekaligus access point. agar terhubung ke backend aplikasi, maka digunakan restful api sebagai penyedia layanan. semua fitur dan cara kerja aplikasi ini telah diuji menggunakan blackbox testing dan berdasarkan hasil pengujian, semua fitur sudah bekerja sesuai dengan yang diharapkan. usability aplikasi diuji menggunakan metode sus dengan pencapaian skor sebesar 86,19% atau dikategorikan “sangat layak” untuk digunakan oleh pengguna. kata kunci : kamp pengungsian, ionic framework, ucd,

Tulisan yang relevan

MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG UNTUK SISWA SMA KELAS X (Erwanda, 2019) ,

MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS MULTIMEDIA 3D MENGGUNAKAN BLENDER (Amir Hamzah, 2014) ,

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN RANCANG BANGUN BALOK DI PAUD IT AL-FATIH KOTA BANDA ACEH (Dewi Wahyuni, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi