MIFTA AMALIAWANDA. HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MOTIVASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Mahasiswa kedokteran dan teknik merupakan dua kelompok mahasiswa studi profesional dengan tingkat stres tertinggi. tingginya stres yang dipersepsikan oleh mahasiswa yang menempuh studi profesional dapat menurunkan motivasi akademik dan memberikan pengaruh buruk terhadap performa akademik mahasiswa.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan motivasi akademik pada mahasiswa fakultas kedokteran dan fakultas teknik universitas syiah kuala. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analitik observasional dengan pendekatan cross sectional, untuk mengukur tingkat stres digunakan kuesioner perceived stress scale (pss-10) sedangkan motivasi akademik digunakan academic motivation scale (ams) yang sudah diavalidasi dalam bahasa indonesia. teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan jumlah sampe 155 mahasiswa kedokteran dan 155 mahasiswa teknik. hasil menunjukkan 36,8% mahasiswa kedokteran dan 34,2% mahasiswa teknik mengalami stres berat,

Baca Juga : PERBANDINGAN TINGKAT STRES ANTARA MAHASISWA SEMESTER III ANGKATAN 2017 DAN SEMESTER VII ANGKATAN 2015 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAUDHATUL JANNAH, 2019) ,

Baca Juga : HUBUNGAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Halim Tezar Kusuma, 2016) ,

% dan 32,2% stres sangat berat, 20,6% dan 18,7% stres sedang, 11,6% dan 12,3% stres ringan dan 5,2% dan 2,6% normal. sedangkan tingkat motivasi akademik, didapatkan 71,6% mahasiswa kedokteran dan 56,1% mahasiswa teknik mempunyai motivasi tinggi, 21,9% dan 32,9% motivasi sedang serta 6,5% dan 11% motivasi rendah. hasil uji korelasi gamma menunjukkan terdapat hubungan negatif dengan keeratan kuat antara tingkat stres dengan motivasi akademik pada mahasiswa kedokteran dan teknik. berdasarkan hasil uji komparatif chi square, didapatkan bahwa terdapat perbedaan signifikan tingkat stres namun tidak terdapat perbedaan signifikan motivasi akademik antara mahasiswa kedokteran dengan teknik. penelitian selanjutnya diharapkap dapat menganalisis faktor-faktor lain yang mempengaruhi tingkat stres dan motivasi akademik yang tidak dinilai pada penelitian

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Arif Zailani Siregar, 2013) ,

HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP EMOSI NEGATIF PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER FAKLUTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2014 (ERY SURYA SEVRIANA, 2018) ,

HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUATERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS SYIAH KUALA. (AMELIA FITRI, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi