Search :
Advance

Ananda Putri Phonna.HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN ANGKA KESAKITAN SANTRI DI PESANTREN MODERN DARUL ULUM BANDA ACEH TAHUN 2012. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 04 0KTOBER 2012 xv + VI Bab + 58 Halaman + 10 Tabel + 1 Skema + 14 Lampiran ANANDA PUTRI PHONNA 0807101020061 HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN ANGKIA KESAKITAN SANTRI DI PESANTREN MODERN DARUL ULUM BANDA ACEH TAHUN 2012 ABSTRAK Status gizi merupakan indikator menentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Kecukupan gizi sangat mempengaruhi status kesehatan dan angka kesakitan. Masalah gizi banyak dialami oleh para remaja yang sedang menempuh pendidikan di Pesantren. Karena para santri lebih sering mengutamakan kegiatan akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan angka kesakitan santri di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan desain penelitian menggunakan pendekatan Cross Sectional Study dengan tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 552 santri dengan jumlah sampel 85 santri. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengukuran tinggi badan, berat badan dan wawancara terpimpin. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah timbangan, meteran dan kuestioner. Analisa data dalam penelitian menggunakan uji Chi-Square. Pengujian hipotesa jika p-value ? 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, dan jika p-value > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan mulai 27 s/d 31 Agustus, di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh Tahun 2012. Hasil penelitian ini didapatkan ada hubungan antara status gizi dengan angka kesakitan santri(p-value=0,031). Diharapkan kepada pimpinan pesantren lebih memotivasi santri dalam mengelola waktu dengan baik untuk mendapatikan keseimbangan antara asupan gizi dengan aktivitas santri Kata Kunci : Status Gizi, Angka Kesakitan, Santri Daftar Bacaan : 35 buku + 12 situs internet (1995-2010)


Tulisan yang relevan

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SANTRI KELAS VII DI DAYAH MODERN DARUL ULUM BANDA ACEH (Suci Zahratulliza, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

MINAT PEMAKAIAN BATIK MOTIF ACEH DI KALANGAN SANTRI PESANTREN MODERN AL FALAH ABU LAM U KABUPATEN ACEH BESAR (UTARI RAHMI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

MOTIVASI BELAJAR PENJASORKES PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN AL-FALAH ABU LAM URN KABUPATEN ACEH BESAR (Basirun Nazir, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

GAMBARAN GIZI KURANG PADA BALITA DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS DARUL IMARAH KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR PERIODE MARET 2014 (Sy. Sri Suharni, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SANTRI PESANTREN MODERN DI KOTA BANDA ACEH (Cut Putri Novita, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya