RAHMATUL ULLYA. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA JARI DI PAUD AL-KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak ullya, rahmatul. 2018. mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan media boneka jari di paud al kamal kabupaten aceh besar. skripsi, jurusan pendidikan guru anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. universitas syiah kuala. (1) dr. anizar ahmad, m.pd ( 2) dr. bahrun, m.pd kata kunci: kemampuan bahasa, metode bercerita, boneka jari idealnya anak yang berusia lima sampai enam tahun memiliki kemampuan mengungkapkan bahasa dalam menceritakan atau mengungkapkan kembali informasi yang didapat. pada kenyataannya, anak yang berusia lima sampai enam tahun di paud al-kamal kabupaten aceh besar, mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan bahasanya. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan boneka jari. penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. subjek penelitian tindakan ini adalah anak usia 5-6 tahun yang

Baca Juga : MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA DI PAUD NURUL HIDAYAH ACEH BESAR (Rizka Marputri, 2016) ,

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI PAUD IT HAFIZUL ILMI BLANG KRUENG (NUR KISAH HAYATI, 2018) ,

jumlah 8 anak. data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak mengalami perkembangan setiap siklus. siklus i pertemuan pertama dan pertemuan kedua terdapat 2 anak belum berkembang dan 4 anak mulai berkembang. siklus i pertemuan kedua 3 anak yang belum berkembang, 2 anak mulai berkembang dan 2 anak berkembang sesuai harapan. dilanjutkan pada siklus ii pertemuan pertama tidak terdapat anak yang belum berkembang, 2 anak mulai berkembang, 4 anak berkembang sangat baik dan 1 anak berkembang sesuai harapan. siklus ii pertemuan kedua tidak terdapat anak yang belum berkembang, 1 anak mulai berkembang, 3 anak berkembang sesuai harapan, dan 4 anak berkembang sangat baik. kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode bercerita dengan media boneka jari dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak. sebaiknya guru dapat menggunakan metode bercerita dengan media dan cerita

Tulisan yang relevan

UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI BERCERITA DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI LAM ILIE KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (DONI FEBRIO, 2017) ,

MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK BUNGA BANGSA (Nova Novita, 2018) ,

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI PAUD BUNGONG TANJUNG LAMTIMPEUNG ACEH BESAR (Nurul Jannah, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi