Faisal Al-Banna. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI SEMESTER GENAP (STUDI KASUS DI SMA/MAN KOTA BANDA ACEH). Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Telah dilakukan penelitian mengenai “pengembangan instrumen penilaian pengetahuan berbasis literasi sains pada mata pelajaran kimia kelas xi semester genap (studi kasus di sma/man kota banda aceh”. penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan berbasis literasi sains, (2) mengetahui hasil belajar siswa, (3) mengetahui respon guru terhadap instrumen penilaian pengetahuan berbasis literasi sains. jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (r&d) dengan model pengembangan 4-d (define, design, develop, dan disseminate). subjek dalam penelitian ini adalah 4 (empat) orang guru mata pelajaran kimia kelas xi, terdiri dari 1 (satu) guru man model banda aceh, 1 (satu) guru man 2 banda aceh, 1 (satu) guru sma inshafuddin dan 1 (satu) guru sman 5 banda aceh. teknik pengumpulan data dapat diperoleh dari wawancara, angket analisis kebutuhan guru, dan tes hasil belajar. instrumen yang digunakan adalah lembar pedoman wawancara, lembar angket

Baca Juga : ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR KIMIA KELAS X DI SMA KABUPATEN BIREUEN (Anna Zikrina, 2017) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Putri Dewi Septiani, 2018) ,

alisis kebutuhan guru, dan soal tes pilihan ganda berbasis literasi sains yang telah divalidasi oleh validator ahli. hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata dari hasil validasi soal oleh 2 (dua) orang validator untuk masing-masing soal sudah diatas 80% dengan kriteria sangat tinggi dan dinyatakan valid sehingga sangat layak digunakan. rata-rata hasil belajar siswa dari 4 (empat) sma/man kota banda aceh sebesar 84,25% dari total 103 siswa, artinya instrumen penilaian pengetahuan berbasis literasi sains yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. guru memberikan respon positif terhadap instrumen penilaian pengetahuan berbasis literasi sains. hasil validasi soal oleh 4 (empat) orang guru sebesar 100% dan dikategorikan sangat baik. berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian pengetahuan berbasis literasi sains dapat meningkatkan hasil belajar, dan memperoleh respon sangat baik dari

Tulisan yang relevan

ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN BENER MERIAH (Khairil Anbiya, 2018) ,

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI TITRASI ASAM BASA DI KELAS XI PADA SMAN 7 BANDA ACEH (Tursina, 2015) ,

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KIMIA TERAPAN SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PELAJARAN MUATAN LOKAL (MULOK) UNTUK SMA/MA DI KOTA BANDA ACEH (Nova Dara Phonna, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi