MAULIDIN. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSION DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak maulidin. 2018. perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning (pbl) dan model pembelajaran spontaneous group discussion dalam pelajaran geografi kelas xi di sma negeri 12 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan imu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. amsal amri, m.pd. (2) drs. thamrin k., m.si. kata kunci: perbandingan, hasil belajar, geografi, problem based learning, spontaneous group discussion kegiatan belajar mengajar menjadikan guru sebagai contoh untuk mendukung dan membimbing peserta didik agar berhasil menempuh pendidik annya. karena itu dalam proses pembelajaran guru harus menyajikan model-model pembelajaran yang berpusat pada keaktifan peserta didik agar memperoleh hasil yang optimal. model yang dapat digunakan ialah model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning dan spontaneous group discussion. rumusan dalam penelitian

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Mita Prancinitia, 2018) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014) ,

i adalah apakah hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran spontaneous group discussion dalam mata pelajaran geografi. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran spontaneous group discussion dalam pelajaran geografi kelas xi di sma negeri 12 banda aceh. penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas xi is di sma negeri 12 banda aceh yang berjumlah 74 siswa. pegambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling puiposive, diambil dua kelas yaitu xi-is i sebanyak 26 dan xi-is ii sebanyak 25. teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kepada peserta didik , yaitu pre-test dan post-test. teknik pengolahan data menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai tthitung= -1,01 < ttabel =1,68 pada taraf signifikasi 0,05 dengan dk = 49 berarti thitung < ttabel, sehingga ha ditolak. kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang diajarakan dengan model kooperatif tipe problem based learning tidak lebih baik atau sama dengan hasil belajar peserta didik yang diajarakan dengan model spontaneous group discussion dalam mata pelajaran geografi di sma negeri 12 banda

Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (Syarifah Melda Selvia, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi