TIFA SRI FANORA. KENDALA MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PGSD FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNSYIAH DI SD NEGERI 29 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak tifa sri fanora. 2018. kendala mahasiswa praktik pengalaman lapangan (ppl) pgsd fakultas keguruan dan ilmu pendidikan unsyiah di sd negeri 29 banda aceh, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, syiah kuala. pembimbing: (1) drs. adnan, m.pd. (2) drs. fauzi, m.pd. kata kunci : kendala mahasiswa, praktik pengalaman lapangan (ppl) salah satu upaya yang dilakukan oleh fkip untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional dengan mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti program praktik pengalaman lapangan (ppl). secara teoriris mahasiswa fkip pgsd dibekali dengan konseptual kompetensi pedagogik dan professional yaitu sebagai ilmu pengetahuan yang berkenaan ilmu wawasan ke sd-an. secara umum fkip unsyiah yang koordinir melalui lembaga upt ppl praktik pengalaman lapangan dilakukan 3 tahap adalah magang 1 yaitu observasi dan orientasi, magang 2 yaitu praktik administrasi akademik, magang 3 yaitu mahasiswa melakukan

Baca Juga : KENDALA – KENDALA YANG DIHADAPI MAHASISWA PRAKTIKAN PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PGSD FKIP UNSYIAH DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Mila Fizarniati, 2017) ,

Baca Juga : PERSEPSI KEPALA SEKOLAH, GURU DAN STAF SLB YPAC II BANDA ACEH TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) MAHASISWA FKIP UNSYIAH TAHUN 2015/2016 (Ferryandi, 2018) ,

ktik mengajar. namun dalam kenyataannya mahasiswa jurusan pgsd dalam melaksanakan magang masih banyak mengalami kendala dalam melakukan ppl di sekolah praktikannya. penelitian ini berupaya mengungkapkan apa saja kendala mahasiswa praktik pengalaman lapangan (ppl) jurusan pgsd fakultas keguruan dan ilmu pendidikan unsyiah di sd negeri 29 banda aceh?. secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala mahasiswa praktik pengalaman lapangan (ppl) jurusan pgsd fakultas keguruan dan ilmu pendidikan unsyiah di sd negeri 29 banda aceh. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang mahasiswa yang ppl di sd negeri 29 banda aceh. selanjutnya data wawancara diolah secara deskriptif. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari data wawancara, kendala yang dihadapi mahasiswa ppl berbeda-beda. kendala tersebut terutama dalam hal perencanaan mahasiswa sebelum mengajar, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dan evaluasi yang dilakukan mahasiswa. kendala yang dihadapi mahasiswa ppl dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar masih kurang maksimal dalam praktek mengajar, seperti kurang menguasai teknik menyampaikan materi, dalam hal ini mahasiswa ppl harus mampu mewujudkan kecakapannya, menguraikan atau menjabarkan teori–teori secara jelas, yang pada intinya memenuhi aspek-aspek yang diperlukan sebagai seorang guru di depan

Tulisan yang relevan

KENDALA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (UNSYIAH)DALAM MELAKSANAKAN MAGANG III (VANIYON ARIWINANDA, 2018) ,

ANALISIS KESULITAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (Saleha, 2018) ,

HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA ANGKATAN 2014 JURUSAN PGSD FKIP UNSYIAH (MISBAHUL, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi