Ira Mursyida. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PETA KONSEP DALAM MENGURANGI MISKONSEPSI PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Ira mursyida: penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan peta konsep dalam mengurangi miskonsepsi pada materi jaringan tumbuhan. pembimbing i, dr. muhibbuddin, m.s., pembimbing ii, drs. supriatno, m. si., ph.d abstrak penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan peta konsep terhadap (1) pengurangan miskonsepsi mahasiswa (2) kemampuan rekonstruksi mahasiswa (3) kemampuan mengembangkan peta konsep mahasiswa dan (4) peningkatan penguasaan konsep mahasiswa pada materi jaringan tumbuhan. pengambilan data dilakukan pada tanggal 10 februari sampai dengan 16 april 2016. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pretest postest control group design. populasi penelitian seluruh mahasiswa stkip bina bangsa meulaboh jurusan biologi yang berjumlah 166 mahasiswa. sampel diambil dengan teknik random sampling yang berjumlah 40 mahasiswa, terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. instrumen yang

Baca Juga : PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (febriana wulandari, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP) DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Rafidah, 2015) ,

digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda model cri (certainty of response index). pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari gain yang ternormalisasi dengan membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. pengolahan data menggunakan teknik perhitungan persentase dan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami miskonsepsi pada semua sub materi saat pemberian pretes yaitu jaringan meristem (52%); jaringan pelindung (53%); jaringan dasar (62%); jaringan pembuluh (59%), saat pemberian postes, jaringan meristem (18%); jaringan pelindung (19%); jaringan dasar (22%); jaringan pembuluh (12%). kemampuan rekonstruksi mahasiswa, jaringan meristem (31%); jaringan pelindung (35%); jaringan dasar (37%); jaringan pembuluh (48%). pengembangan peta konsep mahasiswa preposisi (73%), hierarki (83%), dan contoh (80%). analisis penguasaan konsep mahasiswa t hitung (2,67) > t tabel (2,02) dengan taraf 0,05. simpulan penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan peta konsep dalam pengurangan miskonsepsi mahasiswa (2) terdapat perbedaan rekontsruksi miskonsepsi mahasiswa (3) terdapat perbedaan pengembangan peta konsep mahasiswa, dan (4) terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep mahasiswa pada materi jaringan tumbuhan melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan peta konsep. kata kunci : strategi inkuiri terbimbing, peta konsep, miskonsepsi, rekontruksi ira mursyida: application of inquiry guided strategy and concept maps in effort reduces material misconceptions on plant network. supervisor i, dr. muhibbuddin, m.s., supervisor ii, drs. supriatno,m.si.,ph.d. abstract the study aims to determine implementation strategy of inquiry learning and mind mapping (1) to reduce student misconceptions (2) the student ability of reconstruction (3) the student ability to develop mind mappingconcept and (4) to increase student under the control concept on material plant tissue. data retrieval is done on by date 10 february until 16 april 2016. the method is used a singer research hearts with experimental method pretest posttest control group design. population research all students stkip bina bangsa meulaboh biology majors that amounts to 166 students. samples were taken technique the random sampling of 40 students, consisting of class and class control experiments. the instruments are used hearts research singer it is about double choice model cri (assurance response index). data collection was conducted with way for getting the normalized with between grades compares the experimental and control classes. data processing using fg calculation techniques and t test. research shows that college students have misconceptions on all sub material pretest when giving that meristem (52%); network shield (53%); basic network (62%); vascular tissue (59%), while giving postes, meristem tissue (18%); network shield (19%); basic network (22%); vascular tissue (12%). reconstruction of student ability, meristem network (31%); network shield (35%); basic network (37%); vascular tissue (48%) map development concept preposition students (73%), hierarchy (83%), and sample (80%). analysis under the control concept student t (2.67)> t table (2.02) with level of 0.05. the conclusions of the study were: (1) the differences of misconception equity (2) the differences of reconstruction of misconceptions (3) the differences ofmind mapping concept, and (4) the differences of improvement under the control of the student concept on plant tissuematerial through implementation strategy of inquiry learning and mind mapping. keywords: strategy guided inquiry, mind mapping, misconceptions,

Tulisan yang relevan

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIPADU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA DI MAN BANDA ACEH (JAUHARAH, 2018) ,

PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPA DI MAN BANDA ACEH 1 (WAHYUNI, 2016) ,

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP LISTRIK DINAMIS DI SMAN 6 BANDA ACEH (NOVIA NANDA BALQIS N, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi