AMILIA LOVITA. UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SD NEGERI LAMSAYUEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak lovita, amilia. 2018. upaya guru meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas iii sdn lamsayuen aceh besar. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) muhammad idham, s.pd., m.ed. (2) drs. m. husin, m.pd. kata kunci: upaya guru, meningkatkan kemampuan, membaca siswa. membaca merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai sejak anak didik mulai menduduki bangku sekolah dasar. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya apa saja yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas iii sd negeri lamsayuen aceh besar. bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran membaca pada siswa kelas iii sd negeri lamsayuen aceh besar. penelitian ini bertujuan yaitu untuk mendeskripsikan upaya apa saja yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas iii sd negeri lamsayuen aceh besar. untuk mendeskripsikan bagaimana

Baca Juga : UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 LAMCOT KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 LAMCOT KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Raudatul Islami, 2018) ,

Baca Juga : PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING DI SD NEGERI LAMREUNG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (NURLELA, 2016) ,

naan pembelajaran membaca pada siswa kelas iii sd negeri lamsayuen aceh besar. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas iii sd negeri lamsayuen aceh besar. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terhadap 1 orang guru kelas iii dan tes terhadap siswa kelas iii. penyajian data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data setelah data terkumpul maka komponen data dianalisis dengan menggunakan persentase dengan hasil data dipaparkan. hasil penelitian dari observasi salah satunya guru tidak mengajar menggunakan panduan rpp dan media yang lengkap. pelaksanaan pembelajaran membaca pada siswa kelas iii belum maksimal dilakukan oleh guru. dari hasil tes membaca yaitu sangat mampu membaca 10 orang siswa sebesar (35,71%), yang tergolong mampu 9 orang siswa sebesar (32,14%), sedangkan yang cukup mampu 7 orang siswa sebesar (25,00%). dari hasil wawancara terhadap guru yang mengajar di kelas iii sd negeri lamsayuen aceh besar adalah salah satunya ada terdapat kendala yaitu orang tua dari siswa dirumah kurang membantu dalam hal belajar membaca bagi anaknya. dari hasil pengumpulan data maka dapat ditarik kesimpulan bahwa guru harus mampu berinovasi agar saat pelaksanaan pembelajaran guru dapat membuat strategi pengajaran yang

Tulisan yang relevan

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI HUBUNGAN KENAMPAKAN ALAM, SOSIAL, DAN BUDAYA DENGAN GEJALANYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI LAMSAYUEN ACEH BESAR (MAISAR, 2014) ,

KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (WIRDA NINGSIH, 2018) ,

KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (AIZA FITRIA, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi