OESEA SATIVA. PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KABUPATEN GAYO LUES.. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Salah satu materi yang sulit dalam pelajaran matematika di sekolah menengah adalah trigonometri. berdasarkan studi awal ditemukan bahwa siswa banyak mengalami kesulitan, yaitu siswa belum memahami konsep trigonometri, siswa cenderung menghafal rumus trigonometri, siswa sulit membedakan antara rumus sinus, cosinus, tangent dengan rumus kebalikannya, dan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal aplikasi trigonometri. salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut dengan pembelajaran remedial melalui model discovery learning. tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan siswa pada materi trigonometri melalui pembelajaran remedial dengan model discovery learning. pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. subjek penelitian kelas x-b sma negeri 1 kabupaten gayo lues yang terdiri dari 24 siswa. data penelitian diperoleh melalui pemberian 7 soal tes trigonometri berbentuk uraian. berdasarkan hasil tes belajar dan wawancara terdapat 7 siswa yang

Baca Juga : ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TIMUR (Sri Utami, 2015) ,

Baca Juga : PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA (NELLIANI, 2018) ,

masih mengalami kesulitan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan remedial dengan model discovery learning secara kuantitas dapat mengurangi tingkat kesulitan siswa yaitu salah konsep 12,4%, salah prinsip 41,65% , dan salah keterampilan 45,79%. setelah dilakukan pembelajaran remedial dengan penerapan model discovery learning, kesulitan siswa sudah mengalami penurunan yaitu berkurang menjadi salah prinsip 12,5%, salah keterampilan 29,16%. oleh karena itu model discovery learning dapat digunakan guru sebagai salah saru alternatif remedial untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pelajaran matematika. kata kunci: discovery learning, kesulitan trigonometri,

Tulisan yang relevan

PEMANFAATAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DI SMP NEGERI 1 BLANGPEGAYON KABUPATEN GAYO LUES (Maisarah, 2019) ,

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRANSFORMASI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH PADA MATERI TRANSFORMASI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Haris Hidayat Ismil, 2016) ,

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rahmi Fartiwi, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi