JULI ARA FITRI. MANAJEMEN GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Manajemen pembelaran guru sertifikasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di smp negeri 3 banda aceh oleh : juli ara fitri npm : 1609200050057 komisi pembimbing: 1. prof. dr. murniati ar, m. pd. 2. dr. bahrun, m. pd. abstrak manajemen pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh guru sebagai tenaga pendidik dalam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. guru sertifikasi sebagai tenaga pendidik profesional yang telah mendapatkan sertifikat pendidik memiliki peran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyusunan perencanaan pembelajaran guru sertifikasi, proses pelaksanaan pembelajaran guru sertifikasi, proses evaluasi yang di laksanakan guru sertifikasi di smp negeri 3 banda aceh. penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data di lakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah, guru sertifikasi,

Baca Juga : KEMAMPUAN GURU SERTIFIKASI DAN NON SERTIFIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI LAMPANAH KECAMATAN SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (Farid Wahyudi, 2018) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN DAN DISIPLIN GURU SERTIFIKASI PADA SMP NEGERI 1 KOTA BANDA ACEH PADA SMP NEGERI 1 KOTA BANDA ACEH (SYARIFUDDIN, 2014) ,

an peserta didik. hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) semua guru sertifikasi di smp negeri 3 banda aceh telah membuat rpp sebelum melaksanakan proses pembelajaran, karena rpp merupakan petunjuk bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran, selain rpp guru juga menyiapkan perangkat lain seperti silabus, program semester, program tahunan, kkm, minggu efektif, dan buku penilaian; (2) dalam proses pelaksanaan pembelajaran guru sertifikasi melakukann proses pembelajaran sesuai dengan arahan yang ada pada rpp, langkah-langkah guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yaitu: guru memberikan salam, berdoa bersama, mengaji, membaca asmaul husna, mengabsen siswa, apersepsi, pre test, diskusi kelompok, tanya jawab, post test, penutup. (3) dalam proses evaluasi pembelajaran guru sertifikasi melakukan tiga tahap yaitu penilaian pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian keterampilan. selain ketiga tahap tersebut guru sertifikasi juga melakukan penilaian pre test dan post test. kata kunci: manajemen pembelajaran, guru sertifikasi dan kualitas

Tulisan yang relevan

KINERJA GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKANRNMUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI SAMATIGARNKABUPATEN ACEH BARAT (SUMARNI, 2014) ,

BUDAYA KINERJA GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH (NURLINA, 2016) ,

IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU-GURU SERTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR GUGUS JAMBU KOTA BANDA ACEH IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU-GURU SERTIFIKASI DALAM PEMBALAJARAN TEMATIK RNTERPADU KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR RNGUGUS JAMBU KOTA BANDA ACEH (Siti Hardiyanti, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi