BADRATUN NAFIS. UPAYA GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak nafis, badratun. 2018. upaya guru paud dalam mengembangkan karakter peserta didik. skripsi, jurusan pendidikan guru anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. m.yusuf harun, m.pd. (2) rosmiati, s.pd.i, m.ed. kata kunci: guru paud, karakter, peserta didik pada usia 4-6 tahun seharusnya anak sudah terbiasa memahami bentuk-bentuk disiplin seperti bersabar menunggu giliran, memahami peraturan dan disiplin, mengatur diri sendiri, serta mengikuti arahan dan aturan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan karakter disiplin kepada peserta didik serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan karakter disiplin kepada peserta didik. penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data penelitian dari subjek penelitian. data yang telah

Baca Juga : PROFIL GURU IDEAL DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KARAKTER BANGSA PADA SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 7 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA (Juaini Sulaiman, 2013) ,

Baca Juga : UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Deska Alza Maizara, 2018) ,

peneliti dapatkan dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data sampai penarikan kesimpulan. pengumpulan data diperoleh dari subjek penelitian yaitu guru di kelas b3. hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan karakter disiplin kepada peserta didik belum optimal, hal ini dikarenakan jumlah peserta didik dalam satu kelas mencapai 48 orang sehingga membuat guru tidak mudah memberikan arahan kepada peserta didik. menurut peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini seharusnya rasio guru dan peserta didik adalah 1:15 dalam satu kelas, yaitu dengan ukuran ruang kelas minimal 3 m2 untuk 1 peserta

Tulisan yang relevan

PELAKSANAAN FUNGSI GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM MELINDUNGI HAK HAK PESERTA DIDIK (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 1 GEUREDONG PASEE KABUPATEN ACEH UTARA) (rahmani, 2013) ,

PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINIRN( STUDI PADA PAUD DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR) (TEUKU MUHAMMAD HUSNI, 2014) ,

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN SELF ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP (Ismi Amalia Sari, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi