LISA FATMATYA. PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PANTI ASUHAN SOS CHILDREN’S VILLAGE KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak lisa fatmatya. 2018. perkembangan sosial emosional anak usia dini di panti asuhan sos children’s village kabupaten aceh besar. skripsi. jurusan pendidikan guru anak usia dini. fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. bahrun, m.pd (2) rosmiati, s.pd.i, m.ed kata kunci: sosial emosional, anak usia dini di panti asuhan. sosial emosional anak merupakan kemampuan anak dalam mengelola emosi dan bertingkah laku, baik verbal maupun non verbal dalam berinteraksi dengan orang lain. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan sosial emosional anak usia dini yang berusia 4-6 tahun di panti asuhan. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. responden dalam penelitian ini adalah 5 orang ibu di panti asuhan sos children’s village kabupaten aceh besar. data diperoleh melalui wawancara, observasi dan

Baca Juga : PERAN PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DARUSSA’ADAH ACEH DALAM USAHA PEMBINAAN MORAL ANAK-ANAK TERLANTAR (Muhammad Multaza, 2016) ,

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF DI PAUD IT MINA KABUPATEN ACEH BESAR (Ira Rahayu, 2018) ,

si. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan sosial emosional anak usia dini di panti asuhan bervariasi yang dipengaruhi oleh latar belakang anak, seperti anak yang menjadi korban perceraian orangtua, anak yatim, piatu dan lainnya sehingga kurangnya perhatian mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. perkembangan sosial emosional anak pada aspek kesadaran diri anak sudah menunjukkan sikap mandiri (anak sudah mampu menggunakan peralatan makan, memakai dan melepas baju sendiri, pergi ke sekolah tidak perlu diantar oleh ibu). pada aspek rasa tanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain menunjukkan anak sudah mengetahui cara membersihkan diri dan menjaga kebersihan lingkungan (mengosok gigi, mandi, membuang sampah pada tempatnya dan bergotong royong) dan anak bertanggung jawab ketika berbuat kesalahan. pada aspek sikap prososial menunjukkan anak saling menghargai satu sama lain (menghargai orang yang lebih tua dari anak dan menyayangi adik dan teman sebaya), mau berbagi makanan dan suka menolong teman yang membutuhkan pertolongan. ? abstract lisa fatmatya. 2018. early childhood social emotional development at sos children's village orphanage, aceh besar regency. essay. department of early childhood teacher education. faculty of teacher training and education. syiah kuala university. supervisor: (1) dr. bahrun, m.pd (2) rosmiati, s.pd.i, m.ed keywords: social emosional, early childhood at the orphanage. emotional social child is a child's ability to manage emotions and behave, both verbally and non-verbally in interacting with others. this study aims to find out how the emotional and social development of children aged 4-6 years in an orphanage. this research is a qualitative research using a type of case study research. data analysis used qualitative descriptive method. respondents in this study were 5 mothers in the sos children's village orphanage the districts of aceh besar. data obtained through interviews, observation and documentation. the results of this study indicate that the social emotional development of early childhood in orphanages varies with the background of children, such as children who are victims of divorced parents, orphans, orphans and others so that there is a lack of attention regarding child growth and development. child's social emotional development in aspects of self-awareness of children has shown an independent attitude (children have been able to use eating utensils, wear and take off their own clothes, going to school does not need to be delivered by the mother) . in the aspect of sense of responsibility to themselves and others shows the child already knows how to clean themselves and maintain environmental cleanliness (brushing teeth, bathing, throwing trash in place and cooperating) and the child is responsible when making mistakes. in the aspect of prosocial attitude shows children respect each other (respecting people who are older than children and loving siblings and peers), want to share food and like to help friends who need

Tulisan yang relevan

TANGGUNG JAWAB HUKUM PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DARUSSA’ADAH SEBAGAI WALI TERHADAP ANAK ASUHNYA DI KABUPATENACEH BESAR (Cinthia Novami, 2017) ,

GAMBARAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK RNYANG TINGGAL DI PANTI SOSIAL ASUHAN RNANAK DARUSSA’ADAH ACEH (YERNI HANIMAR, 2015) ,

HUBUNGAN STATUS GIZI DAN ASUPAN ENERGI TOTAL DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 9-17 TAHUN DI PANTI ASUHAN DI KOTA BANDA ACEH (Duma Sarah, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi