Ria Estikawati. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT HAFIZUL’ILMI ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak estikawati, ria. 2018. mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui metode bermain peran di tk it hafizul’ilmi aceh besar. skripsi. jurusan pendidikan guru anak usia dini. fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. amsal amri, m. pd (2) dr. israwati, m. si kata kunci : kemampuan bahasa, metode bermain peran, anak usia dini. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode bermain peran di tk it hafizul’ilmi aceh besar. kemampuan bahasa yang dimaksud dalam penelitian ini ialah kemampuan anak memahami bahasa: mengerti beberapa perintah secara bersamaan, mengulang kalimat yang lebih kompleks, memahami aturan dalam sebuah permainan, senang dan menghargai bacaan. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 9 orang anak usia 5-6 tahun pada kelompok b di tk it hafizul’ilmi aceh besar. data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik

Baca Juga : MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD QUR’ANI NURUL ILMI GAMPONG REUDEP MONTASIK ACEH BESAR (PUTRI AYU, 2019) ,

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK MELALUI GERAK TARI RANUP LAMPUAN DI TK-IT HAFIZUL ‘ILMI BLANG KRUENG KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKA YUANDA PUTRI, 2018) ,

servasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. mengembangkan kemampuan bahasa anak mengalami perkembangan yang dilakukan melalui metode bermain peran di tk it hafizul’ilmi aceh besar. hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan metode bermain peran, kemampuan bahasa anak berkembang yaitu anak dapat mengulang kalimat yang lebih kompleks serta senang dan menghargai bacaan. hal ini ditunjukkan pada setiap siklusnya, pada siklus i pertemuan pertama: 1) bsb; belum terlihat, 2) bsh; 1 anak, 3) mb; 5 anak, 4) bb; 3 anak. pertemuan kedua: 1) bsb; belum terlihat, 2) bsh; 2 anak, 3) mb; 6 anak, 4) bb; 1 anak. pada siklus ii pertemuan pertama: 1) bsb; 2 anak, 2) bsh; 5 anak, 3) mb; 2 anak, 4) bb; sudah tidak terlihat. pertemuan kedua: 1) bsb; 5 anak, 2) bsh; 3 anak, 3) mb; 1 anak, 4) bb; sudah tidak

Tulisan yang relevan

MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK MELALUI BERMAIN PUZZLE DI PAUD QUR’ANI NURUL ILMI GAMPONG REUDEUP KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR (FADHLIANA ZAHRA, 2019) ,

MENGEMBANGKAN NILAI MORAL AGAMA ANAK MELALUI METODE CERITA ISLAMI DI PAUD IT HAFIZUL ‘ILMI (NOVA YULIA RISKA, 2018) ,

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI PAUD IT HAFIZUL ILMI BLANG KRUENG (NUR KISAH HAYATI, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi