NOVITRA YANTI. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN 2017/2018. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan jenis kesalahan dan menganalisis penyebab terjadinya kesalahan dalam memahami bentuk aljabar yang dialami siswa kelas vii smp negeri 14 banda aceh tahun 2017/2018. penelitian ini berbentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas vii-2 smp negeri 14 banda aceh sebanyak 25 siswa. teknik pengumpulan data dengan metode tes dalam bentuk essay dan wawancara. tes dilakukan untuk melihat kesalahan siswa dalam menjawab soal. wawancara dilakukan pada 6 siswa agar diketahui lebih lanjut tentang kesalahan yang dilakukan siswa dan penyebab terjadinya kesalahan. wawancara dilakukan secara perorangan agar diketahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa. teknik analisis data digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar sebagai berikut. kesalahan dalam

Baca Juga : ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA MATERI FUNGSI ALJABAR DI KELAS VIII MTS NEGERI TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Ismatul Hasni, 2014) ,

Baca Juga : KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Badratun Nafis, 2014) ,

i makna soal, kesalahan dalam memahami konsep aljabar, kesalahan dalam langkah-langkah penyelesaian yang berhubungan dengan materi prasyarat yang belum dimengerti, dan kesalahan dalam menjabarkan suatu rumus operasi. faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu: pemahaman konsep siswa yang masih rendah, ketidakmampuan siswa dalam mengoperasikan rumus bentuk aljabar, terlalu tergesa-gesa dalam menjawab sehingga tidak teliti saat menyelesaikan masalah dan lemahnya daya ingat siswa, siswa kurang bertanya kepada guru waktu jam pelajaran berlangsung, ketidakmampuan menerjemahkan soal cerita ke bentuk model matematika, jarak waktu pemberian tes dengan materi cukup

Tulisan yang relevan

ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Putri Purnama Sari, 2018) ,

ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (YENNI ZAHRA, 2016) ,

HASIL BELAJAR DAN KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Irwitadia Hasibuan, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi