Selamaddin. PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI MTSN 7 ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. model kooperatif ini dapat diterapkan pada materi naratif seperti statistika. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan siswa pada materi statistika di mtsn 7 aceh besar. jenis penelitian ini adalah eksperimen yang menggunakan desain eksperimen semu yaitu the nonequivalent control group design. populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas viii mtsn 7 aceh besar yang terdiri atas 5 kelas. pengambilan sampel dilakukan secara acak dan diperoleh kelas viii5 sebagai kelas eksperimen dan kelas viii4 sebagai kelas kontrol, masing-masing sebanyak 21 siswa. kelas eksperimen dibelajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model konvensional. instrumen penelitian berupa tes bentuk esai yang diberikan pada saat pre-test dan post-test,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI MTSN KUTA BARO, KABUPATEN ACEH BESAR (Muhammad Yassir, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Yeni Mayasari, 2013) ,

sing-masing terdiri atas 4 soal statistika. pemberian kedua tes tersebut dengan mempertimbangkan kesetaraan kesulitan soal. untuk mengetahui pengaruh penerapkan model kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan siswa pada materi statistika di mtsn 7 aceh besar digunakan uji-t. hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung = 1,52 . sementara itu, pada taraf signifikansi ? = 0,05 dengan derajat kebebasan dk= 40 diperoleh ttabel= 1,72. karena thitung =1,52< 1,68= ttabel berakibat terjadi penerimaan h0. dengan demikian hipotesis yang berbunyi “tidak terdapat perbedaan signifikan hasil belajar statistika siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa kelas viii di mtsn 7 aceh besar” diterima. oleh karena itu, guru diharapkan dapat memperhatikan segala aspek dalam pelaksanakan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (wirda hasanah, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS IX MTSN 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Cut Wulan Dari, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi