MUTHMAINNAH. KEMAMPUAN SISWA SMP MEMBUAT DENAH MELALUI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI PERBANDINGAN. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Science, technology, engineering and mathematics (stem) merupakan salah satu pendekatan yang dibutuhkan pada pembelajaran matematika dalam memecahkan masalah. pada pembelajaran tersebut, siswa diarahkan untuk memperoleh pengalaman belajar menggunakan penalaran serta keterampilan dalam memecahkan masalah melalui konteks realistik, seperti kemampuan siswa membuat denah. namun kenyataannya, kemampuan siswa membuat denah sesuai indikator yang tepat masih rendah. upaya guru membantu siswa untuk membuat denah dapat dilakukan dengan menerapkan pendekatan stem pada materi perbandingan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan siswa membuat denah melalui pendekatan stem pada materi perbandingan melalui pendekatan stem; 2) respon siswa terhadap pembelajaran matematika pada materi perbandingan. pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas vii-3 smpn 2 banda aceh sejumlah

Baca Juga : PENGGUNAAN MODUL SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI DERAJAT KEASAMAN (PH) DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Ayunda Ahlaini Melala Toa, 2013) ,

Baca Juga : KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS PROJECT BASED LEARNING (STEM-PJBL) DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (YULIA, 2018) ,

2 siswa, yang terbagi atas 4 kelompok. data diproses melalui pemberian performance test dan angket respon siswa. performance test berguna untuk mengetahui kinerja kelompok siswa dalam menyelesaikan tugas membuat denah, sedangkan angket berguna untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan stem. selanjutnya data hasil kinerja kelompok siswa (performance test) membuat denah dianalisis dengan rubrik penilaian berdasarkan peraturan pemerintah republik indonesia nomor 8 tahun 2013 tentang ketepatan membuat denah. hasil penelitian mengenai kemampuan siswa membuat denah diperoleh berdasarkan 2 kelompok dikategorikan sangat baik dan 2 kelompok lainnya dikategorikan baik. secara umum dapat dikatakan bahwa siswa kelas vii-3 telah mampu membuat denah. sementara itu, respon siswa terhadap pendekatan stem diperoleh bahwa 86,36% siswa menyatakan setuju untuk penerapan pendekatan stem pada materi perbandingan khususnya membuat denah. oleh karena itu, pendekatan stem merupakan salah satu solusi pendekatan yang dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran matematika pada materi

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODUL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VII MTSN TUNGKOP (Elsa Efawani, 2014) ,

PERANCANGAN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI ACEH (Teuku Kevin Varaby, 2016) ,

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENGGAMBAR BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD KOTA BANDA ACEH (Nina Helmira, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi