Yuni Herdiana. KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak yuni herdiana. 2018. kemampuan representasi matematis dan self confindece siswa smp melalui model penerapan problem based learning (pbl) kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan penelitian awal kemampuan representasi matematis siswa masih terbatas, siswa hanya mampu memberikan jawaban singkat. solusi agar peserta didik memiliki kemampuan representasi matematis dengan baik salah satunya dengan menggunakan model penerapan problem based learning (pbl). penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: kemampuan representasi matematis siswa smp melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dan self confindece siswa smp melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). jenis penelitian ini yaiitu penelitian kualitatif. penelitian ini dilakukan di kelas vii-3 smp dayah darul yaqin lhokseumawe. subjek penelitian dipilih enam siswa untuk melihat perkembangan kemampuan representasi dan 27 siswa untuk melihat

Baca Juga : KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Yuni Herdiana, 2018) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTSN 4 BANDA ACEH (NURUL FITRI, 2019) ,

perkembangan self confidece siswa. pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan wawancara. instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan representasi matematis selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berupa hasil latihan individu dan posttest, sedangakan instrument yang digunakan untuk memperoleh data self confidece siswa berupa angket. analisis data hasil latihan individual dan posttest kemampuan representasi matematis menggunakan rubrik penilaian kemampuan representasi matematis dengan model pbl. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan model pembelajaran problem based learning (pbl) secara keseluruhan mengalami perkembangan baik dilihat dari segi latihan individu pertemuan. kemampuan representasi matematis dilihat dari segi postets menunjukkan bahwa kemampuan representasi untuk kemampuan siswa tinggi memenuhi ketiga indikator yaitu: menyajikan informasi dari suatu masalah ke representasi gambar, menyelesaikan masalah yang melibatkan ekspresi matematis, serta menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata. kemampuan siswa sedang memenuhi dua indikator yaitu menyajikan informasi dari suatu masalah ke representasi gambar, serta menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata. kemampuan siswa rendah mencapai satu indikator yaitu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata. kemampuan self confindece siswa mengalami perkembangan secara klasikal. kata kunci: kemampuan repesentasi matematis, self confindece, model

Tulisan yang relevan

MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nurul Fitri, 2016) ,

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) (NANI SURYANI, 2018) ,

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi