Amirul Afzal. ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (SPAM) KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA. Banda Aceh : Fakultas Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Analisis kelayakan finansial sistem penyediaan air minum (spam) kecamatan suka makmue kabupaten nagan raya oleh amirul afzal. a nim. 1309200060080 komisi pembimbing : 1. dr. azmeri, st, mt. 2. dr. syamsidik, st, m.sc. abstrak kecamatan suka makmue hingga saat ini terus mengalami perkembangan dan tidak hanya sebagai kawasan perkotaan serta perkantoran semata, tetapi juga permukiman, untuk itu perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang baik dan sesuai dengan standar. salah satu sarana dan prasarana yang wajib adalah sistem penyediaan air minum (spam). tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi tarif air minimum yang layak secara finansial dalam pengoperasian spam serta mengindentifikasi nilai kelayakan finansial dan kemungkinan pengembalian investasi dalam jangka panjang. penelitian ini dilaksanakan dengan mengumpulkan data-data terkait jumlah penduduk, anggaran, upah, dan jalur pipa distribusi. disamping itu juga dilakukan pengamatan pada lokasi sumber air,

Baca Juga : ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (SPAM) KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA (Amirul Afzal, 2018) ,

Baca Juga : PERKEMBANGAN SUKA MAKMUE MENJADI PUSAT PEMERINTAHAN KABUPATEN NAGAN RAYA, 2002-2016 (Zulhasmi, 2018) ,

wancara dengan pejabat yang menangani spam. data diolah menggunakan analisis kelayakan ekonomi dengan menggunakan parameter bcr, npv dan irr. hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis finansial yang ditinjau pada suku bunga 4,5% dan usia guna proyek 20 (dua puluh) tahun membutuhkan biaya konstruksi sebesar rp.22.028.825.000,-. biaya operasional sebesar rp.2.761.438.400,- pertahun dan biaya modal sebesar rp. 1.694.016.643,- pertahun. proyek tidak layak untuk dilaksanakan jika menggunakan tarif 1 (rp.6.267,-) dengan manfaat rp.3.466.870.080,- pertahun karena benefit cost rasio (bcr) ? 1, sedangkan apabila menggunakan tarif 2 (rp.8.426,-) dengan manfaat rp.4.608.599.043,- pertahun dan tarif 3 (rp. 10.111,-) dengan manfaat rp.5.499.690.051,- pertahun layak untuk dilaksanakan. dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan perbandingan tarif kepada pemerintah sehingga dapat menentukan arah kebijakan terkait pengembangan spam dan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. kata kunci: tarif air, biaya, manfaat, kelayakan finansial. analysis financial feasibility of drinking water supply system suka makmue district nagan raya regency by : amirul afzal. a student reg. no. 1309200060080 committe of supervisory : 1. dr. azmeri, st, mt. 2. dr. syamsidik, st, m.sc. abstract suka makmue continues to evolve as an urban area that is not only for offices, but also for settlements that need good facilities and infrastructure in accordance to the standards. one of the mandatory facilities and infrastructure is the drinking water supply system. the purpose of this study is to predict the minimum financial rates that are financially feasible in the operation of the drinking water supply system and identify the value of financial feasibility and possible return on investment in the long term. this research was carried out by collecting data related to budget, wages, and distribution pipelines. besides that, observations were also made at the location of water sources, interviews with officials who handled the drinking water supply system. the data was processed using economic feasibility analysis using bcr, npv and irr parameters. the results of the study show that the financial analysis which is reviewed at 4.5% interest rate and the project useful life of twenty (20) years requires construction costs of 22,028,825,000,- idr. operational costs of 2,761,438,400,- idr/year and capital costs of 1,694,016,643,- idr/year. the project is not feasible if it uses a tariff of 1 (6,267,- idr) with the benefit of 3,466,870,080,- idr/year due to benefit cost ratio (bcr) ? 1, whereas if using tariff 2 (8.426,- idr) with benefits 4,608,599,043,- idr/year and tariff 3 (10,111,- idr) with the benefits of 5,499,690,051,- idr/year is feasible. the existences of this research is expected to be able to provide input rates comparison to the government so that it can determine the direction of policies related to the development of the drinking water supply system and provide maximum benefits for the prosperity and welfare of the people. keywords: water tariffs, costs, benefits, financial

Tulisan yang relevan

KAJIAN PRIORITAS PENGEMBANGAN DAERAH LAYANAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (SPAM) KABUPATEN PIDIE (Sri Hartati, 2015) ,

PENGARUH FUNGSI KEPEMIMPINAN CAMAT TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA (Lisna Jurida, 2017) ,

PERANCANGAN PUSAT KEGIATAN REMAJA KAB. NAGAN RAYA RN(NAGAN YOUTH CENTRE) (Agusnimar, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi