Nurul Baiti. LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KARAKTER BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak baiti, nurul. 2017. latar belakang pendidikan orang tua terhadap karakter belajar siswa kelas v sd negeri 51 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. hajidin, m.pd. (2) dr. israwati, m.si. kata kunci: pendidikan orang tua, karakter belajar siswa adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah latar belakang pendidikan orang tua terhadap karakter belajar siswa kelas v sd negeri 51 banda aceh?. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pendidikan orang tua terhadap karakter belajar siswa kelas v sd negeri 51 banda aceh. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. penelitian ini dilaksanakan di kelas v sd negeri 51 banda aceh dengan subjek penelitian sebanyak 35 orang siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. wawancaara yang

Baca Juga : PERBEDAAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN FORMAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 31 BANDA ACEH (Lisa Nadiya, 2014) ,

Baca Juga : PEMBINAAN KARAKTER BANGSA BAGI SISWA MELALUI UPACARA BENDERA DI SMA NEGERI 1 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Agus Putra Irawan, 2014) ,

eneliti lakukan dengan bertanya langsung dengan 9 orang siswa yang mewakili seluruh siswa kelas v yang terdiri dari 12 pertanyaan. observasi dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran guru kelas v di sd negeri 51 banda aceh yang meliputi tentang karakter siswa dengan 9 indikator penilaian, serta lembar angket yang di sebarkan kepada 35 orang tua siswa. hasil penelitian observasi dari 9 indikator yang diamati kesemuanya ada dilaksanakan oleh guru. data hasil wawancara menunjukan bahwa siswa yang latar belakang pendidikan orang tuanya tinggi dan menengah cenderung berkarakter lebih baik dibanding dengan siswa orang tuanya berpendidikan rendah. hasil angket dari 35 orang tua siswa yang berpendidikan tinggi, menengah, dan rendah yang menyatakan karakter anak baik sebanyak 26 orang tua dengan perincian berpendidikan tinggi sebanyak 11 orang, berpendidikan menengah 14 orang, yang berpendidikan rendah 1 orang, sedangkan orang tua siswa yang menyatakan karakter anak cukup baik sebanyak 9 orang tua dengan perincian yang berpendidikan tinggi sebanyak 3 orang, yang berpendidikan menengah sebanyak 3 orang, dan yang berpendidikan rendah sebanyak 3 orang. dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakter belajar siswa akan baik apabila didukung orang tua, pendidikan yang diberikan dirumah tergantung orang tua jika orang tua pendidikan tinggi akan mendidik dan membimbing siswa dengan baik di banding dengan orang tua yang berpendidikan

Tulisan yang relevan

PEMBINAAN KARAKTER KEBANGSAAN BAGI SISWA MELALUI UPACARA BENDERA DI SMA NEGERI 1 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Agus Putra Irawan, 2013) ,

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Putri Zuhra, 2013) ,

PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI SMA NEGERI 1 TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA (Mariati, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi