Rahmad Fitra. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Rahmat fitra (2016). peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self- concept siswa smk melalui model problem-based instruction (pbi) model problem-based instruction (pbi) adalah salah satu model pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk lebih aktif serta membuat langkah-langkah penyelesaiannya sehingga diduga akan mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan mengubah pandangan siswa terhadap matematika menjadi lebih positif. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept siswa yang diajarkan dengan model problem-based instruction (pbi) dan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level siswa. penelitian ini menggunakan desain pre-test post-test control group design. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi smk farmasi cut meutia banda aceh pada tahun pelajaran 2013/2014. sampel diambil dua kelas yaitu kelas xia sebagai kelas eksperimen

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) (HILDA RESTINA, 2018) ,

n kelas xib sebagai kelas kontrol melalui teknik purposive sampling. instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar angket skala self-concept siswa. uji statistik yang digunakan untuk mengalisis data peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept adalah uji anava dua jalur. hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept siswa yang diajarkan dengan model problem-based instruction (pbi) lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. ditinjau berdasarkan level siswa, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept siswa yang diajarkan dengan model problem-based instruction (pbi) juga lebih baik daripada dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. kata kunci: model problem-based instruction (pbi), kemampuan pemecahan masalah matematis, self-concept

Tulisan yang relevan

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 MONTASIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nova Miranda, 2016) ,

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH BESAR (Jannati, 2016) ,

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL ANCHORED INSTRUCTION DI SMPN 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR (NOVA FADILA, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi