Ismatul Hasni. ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA MATERI FUNGSI ALJABAR DI KELAS VIII MTS NEGERI TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci: kesalahan konsep, kesalahan prinsip, fungsi aljabar fungsi aljabar adalah salah satu materi yang diajarkan kepada siswa smp kelas viii semester 1. kenyataan di lapangan, masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal fungsi aljabar. mengingat hal tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan judul “analisis kesalahan siswa pada materi fungsi aljabar di kelas viii mts negeri tungkob aceh besar tahun pelajaran 20012/2013”. rumusan masalahnya adalah kesalahan apakah yang dilakukan siswa kelas viii mtsn tungkob dalam menyelesaikan soal-soal fungsi aljabar dan apakah penyebab terjadinya kesalahan siswa kelas viii mtsn tungkob dalam menyelesaikan soal-soal fungsi aljabar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa, dan untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas viii mtsn tungkob aceh besar. jenis penelitian ini berbentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif. tes

Baca Juga : KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Badratun Nafis, 2014) ,

Baca Juga : ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI OPERASI ALJABAR PADA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Rizky Fithriyani, 2019) ,

kan kepada 22 orang siswa, yaitu siswa kelas viii3 mtsn tungkob aceh besar yang ditentukan sebagai subjek dalam penelitian. teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan penelitian langsung ke lokasi dengan tujuan memperoleh data yang objektif, peneliti menggunakan instrument penelitian berupa tes dan wawancara. wawancara dilakukan kepada 6 orang siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal fungsi aljabar. wawancara dilakukan secara perorangan agar diketahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa. data dalam penelitian ini berupa jawaban tes tertulis. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas viii3 mtsn tungkob aceh besar mengalami kesalahan konsep, dan kesalahan prinsip. sedangkan yang menjadi faktor penyebab kesalahan siswa adalah materi yang sulit dipahami, kemampuan siswa yang rendah, kurangnya latihan dalam mengerjakan soal fungsi

Tulisan yang relevan

HASIL BELAJAR DAN KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Irwitadia Hasibuan, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK PADA MATERI BANGUN RUANG DI MTSN TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Liya Rinjani Arsa, S.Pd, 2014) ,

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN 2017/2018 (NOVITRA YANTI, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi