Dessy Maharani. ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL SETELAH PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) DENGAN METODE SIMULASI PADA SIMPANG JAMBO TAPE BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Ruang henti khusus (rhk) merupakan salah satu fasilitas bagi sepeda motor untuk berhenti di persimpangan selama fase merah. model rhk untuk sepeda motor dikembangkan dari model advance stop lines (asls) untuk sepeda, yaitu fasilitas yang diperuntukkan bagi sepeda yang ditempatkan di depan antrian kendaraan bermotor. salah satu penempatan rhk di kota banda aceh terletak di simpang jambo tape. rhk berfungsi untuk memisahkan sepeda motor dari kendaraan lainnya dan diharapkan mampu mengurangi hambatan yang berasal dari sepeda motor. sejauh ini rhk di simpang jambo tape dinilai belum berfungsi optimal. oleh kerena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pelayanan setelah adanya penerapan rhk pada simpang bersinyal jambo tape banda aceh. penelitian dilakukan dengan metode simulasi menggunakan sofware vissim 10.00-00. data volume lalu lintas diambil pada hari senin (30 april 2018) dan rabu (1 mei 2018) dengan pengamatan langsung di lapangan dan melibatkan 8 orang surveyor

Baca Juga : ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL SETELAH PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) DENGAN METODE SIMULASI PADA SIMPANG JAMBO TAPE BANDA ACEH (Dessy Maharani, 2018) ,

Baca Juga : ANALISIS JALUR KHUSUS RODA DUA PADA RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SIMPANG BERSINYAL JAMBOTAPE (Yeni Anggraini AY, 2019) ,

deo dan data kecepatan diambil dengan alat bantu speedgun. berdasarkan pengolahan data dan hasil simulasi maka dapat diketahui kinerja simpang berdasarkan jumlah kendaraan antri pada saat fase merah, panjang antrian dan tundaan. volume tertinggi pada hari senin (30 april 2018) dengan total 10352 kendaraan yang melintas pada pagi hari pukul 07.0009.00 wib dan 10768 kendaraan pada sore hari pukul 16.30-18.30 wib. hasil dari simulasi menunjukan panjang antrian dan nilai tundaan yang tertinggi ditunjukan pada lengan daud beureuh dengan rata-rata panjang antrian 179 m dan tundaan 345,714 detik masuk dalam kategori tingkat pelayanan (level of service) f, yaitu besar dari 80

Tulisan yang relevan

PENGARUH LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA RUANG HENTI KHUSUS TERHADAP TINGKAT PELAYANAN SIMPANG BERSINYAL JAMBO TAPE DENGAN SIMULASI MENGGUNAKAN VISSIM (MUAMMAR FAHMI, 2019) ,

ANALISIS EFEKTIVITAS RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA SIMPANG BERSINYAL DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS: SIMPANG JAMBO TAPE DAN SIMPANG LAMPINEUNG) (HERRI ARNANDA, 2019) ,

ANALISIS SATUAN RODA DUA (SRD) PADA SIMPANG BERSINYAL DENGAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) DI SIMPANG JAMBO TAPE (ROSA SAJIDA, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi