Tri Puji Astuti. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak astuti, tri puji. 2018. penerapan model pembelajaran complete sentence berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas x sma negeri 12 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. thamrin k, m.si., (2) dra. dyah rahmani p, m.si. kata kunci : penerapan, model, complete sentence, hasil belajar, geografi model pembelajaran complete sentence merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menuntut para siswa untuk bisa bekerja sama dalam satu kelompok. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar siswa (2) kesesuaian aktivitas guru dan siswa (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran (4) respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence berbantuan media audio visual. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 2 BANDA ACEH (Raihan Zakia, 2017) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Yuli Yanti, 2018) ,

litian tindakan kelas (classroom process research). subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas x-is 2 sma negeri 12 banda aceh yang berjumlah 26 orang siswa. analisis data menggunakan statistik deskriftif persentase. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 16 siswa yang tuntas pada siklus i, 20 siswa yang tuntas pada siklus ii, dan 24 siswa yang tuntas pada siklus iii, persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 50% pada siklus i, 70% pada siklus ii, dan 90% pada siklus iii; (2) jumlah kesesuaian aktivitas guru dan siswa meningkat dari 5 aktivitas sesuai pada siklus i menjadi 7 aktivitas sesuai pada siklus ii dan 9 aktivitas sesuai pada siklus iii; (3) keterampilan guru meningkat dari perolehan skor 2,6 pada siklus i dengan kategori sedang, skor 3,2 pada siklus ii dengan kategori baik, dan skor 3,5 pada siklus iii dengan kategori baik; (4) sebanyak 100% siswa menyatakan bahwa model pembelajaran complete sentence adalah baru membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, terdapat peningkatan prestasi belajar siswa mulai dari siklus i sapai siklus iii dengan menggunakan model complete sentence berbantuan media audio visual di kelas x-is 2 sma negeri banda

Tulisan yang relevan

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII-1 MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH. (Cut Evalianda, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Rahmi Hidayana, 2017) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Irfan. S, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi