Misrayana. PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak bencana gempa bumi merupakan bencana yang tidak dapat dicegah, terjadi secara tiba-tiba dan mengejutkan. gempa bumi tidak membunuh, namun dampak dari gempa bumi itulah terjadinya risiko. maka oleh karena itu, simulasi salah satu proses untuk meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi ancaman bencana gempa bumi berpotensi tsunami. penelitian ini, peneliti menggunakan metode pre-eksperimental yang merupakan pendekatan dari eksperimen sesungguhnya, di mana masih terdapat variabel-variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. desain penelitian yang digunakan adalah desain one group pretest-posttest. desain ini hanya menggunakan satu kelompok saja, sehingga tidak memerlukan kelompok kontrol. lokasi penelitian ini adalah di laksanakan pada siswa kelas v sd negeri 15 kota banda aceh. penelitian ini dilaksanakan pada bulan agustus 2017. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sd negeri 15 kota banda aceh. sampel diambil

Baca Juga : PENGARUH METODE SIMULASI PENGURANGAN RISIKO BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI ANCAMAN BENCANA GEMPA BUMI DI SD ULEE PAYA PULO BREUH RNACEH BESAR (POCUT ZAIRIANA FINZIA, 2015) ,

Baca Juga : PENGARUH PENGINTEGRASIAN MATERI KEBENCANAAN KEDALAM KURIKULUM TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH DI BANDA ACEH (Sabri, 2014) ,

rdasarkan wawancara dan rekomendasi dari kepala sekolah. analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus ternormalisasi rata-rata. hipotesis yang akan diuji adalah peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana gempa bumi berpotensi tsunami melalui simulasi lebih baik dari pada tidak dilakukan simulasi. hasil uji hipotesis bahwa ha diterima dan tidak dapat menerima ho. jadi dapat disimpulkan simulasi gempa bumi berpotensi tsunami memilki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi berpotensi tsunami. kata kunci : pengetahuan kesiapsiagaan, simulasi gempa bumi berpotensi tsunami.

Tulisan yang relevan

PENGARUH PENERAPAN METODE SIMULASI SCHOOL WATCHING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI RNBENCANA GEMPA BUMI (HUSNUL KHATIMAH, 2015) ,

EFEKTIVITAS PENERAPAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP KESIAPSIAGAAN KOMUNITAS SMP ISLAM YPUI BANDA ACEH (H A M D A N, 2016) ,

PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 29 BANDA ACEH MELALUI PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 29 BANDA ACEH MELALUI PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DI KELAS IV MELALUI PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 29 BANDA ACEH SEKOLAH DASAR NEGERI 29 BANDA ACEH (Nila Sari, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi