Putri Dewi Septiani. PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak kata kunci: handout, literasi sains, larutan elektrolit dan nonelektrolit telah dilakukan penelitian yang berjudul “pengembangan handout berbasis literasi sains pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk sma/ma kelas x”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan handout berbasis literasi sains pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, mengetahui kelayakan bahan ajar handout berbasis literasi sains dan mengetahui tanggapan guru dan peserta didik terhadap handout yang telah dikembangkan. jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan pendekatan kualitatif dan model pengembangan yang digunakan adalah model addie. sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas x ipa 1 man 1 banda aceh yang terdiri dari 25 orang laki-laki dan 1 orang guru kimia. teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validasi kelayakan handout berbasis literasi sains dan angket tanggapan

Baca Juga : PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING RNPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Feri Safrina, 2014) ,

Baca Juga : IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X SMA AL-FALAH KABUPATEN ACEH BESAR (Riska Irsanti, 2017) ,

guru dan peserta didik terhadap handout berbasis literasi sains. instrumen yang digunakan adalah lembar angket penilaian kelayakan handout dan lembar angket tanggapan guru dan peserta didik. teknik analisis data dihitung dengan menggunakan rumus persentase yang diperoleh dari lembar angket. hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata kelayakan handout berbasis literasi sians sebesar 92% dengan kriteria sangat layak. hasil persentase tanggapan guru terhadap handout berbasis literasi sains sebesar 80% dengan kriteria baik dan hasil persentase rata-rata tanggapan peserta didik sebesar 80% dengan kirteria baik. kesimpulan dari penelitian ini adalah handout berbasis literasi sains pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT (Anggi Oktarina, 2018) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS EKSPERIMEN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMAN 1 PEUKAN BARO PIDIE (Nurhalimah, 2015) ,

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MICROSOFT POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI KELAS X SMAN 6 LAMJABAT BANDA ACEH (Muhammad Jamil, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi