Febri Andira. KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak andira, febri. 2017. kemampuan menulis surat resmi siswa kelas v sd negeri garot aceh besar. skripsi. jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: drs. adnan, m.pd. (2) drs. m. yamin, m.ed. kata kunci : surat resmi, dan menulis penelitian ini berjudul kemampuan menulis surat resmi siswa kelas v sd negeri garot aceh besar . yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan menulis surat resmi siswa kelas v sd negeri garot aceh besar. adapun yang menjadi tujuan dalam penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis surat resmi siswa kelas v sd negeri garot aceh besar. jenis penelitian ini digolongkan dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas v sd negeri garot aceh besar yang berjumlah 66, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi

Baca Juga : KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS SURAT PRIBADI DI KELAS IV SD NEGERI 1 LAMCOT ACEH BESAR (Ulva suryani, 2014) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN MENULIS SURAT UNDANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 37 BANDA ACEH (Nurlia, 2015) ,

kelas v sd negeri garot aceh besar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk mengukur kemampuan siswa terhadap materi yang telah dipelajari, nilai yang didapat dari tes inilah diambil sebagai data dan diolah dengan menggunakan rumus menghitung rata-rata m = (??f_x )/n. hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa yang memperoleh nilai (86 100) dengan kategori sangat mampu sebanyak 23 orang siswa (71,87%), siswa yang memperoleh nilai (76 85) dengan kategori mampu sebanyak 6 orang (18,75%), siswa yang memperoleh nilai (66 75) dengan kategori cukup mampu sebanyak 2 orang (6,25%), siswa yang memperoleh nilai (51 65) dengan kategori kurang mampu sebanyak 1 orang (3,12%), dan tidak ada siswa yang memperoleh nilai 50 kebawah dengan kategori tidak mampu. nilai rata-rata kemampuan siswa kelas v sd negeri garot aceh besar adalah 88,86. berdasarkan klasifikasi nilai diatas, maka nilai rata- rata siswa berada pada kategori sangat mampu. dengan demikian, siswa kelas v sd negeri garot aceh besar telah memiliki kemampuan yang sangat mampu dalam menulis surat

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI MENULIS SURAT RESMI DI KELAS VI SD NEGERI 3 TAPAKTUAN (Wilda Aslita, 2014) ,

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS SURAT PRIBADI PADA KELAS IV SDN 71 KOTA BANDA ACEH (SUWARNI, 2014) ,

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI MENULIS SURAT PRIBADI DI KELAS IV SDN LAMREUENG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYARNKABUPATEN ACEH BESAR (dewi sarita, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi