VIRNA AFTALIA. UPAYA GURU BERPRESTASI (TELADAN) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Kata kunci : upaya guru, pembentukan karakter upaya guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter siswa (studi kasus) di sekolah dasar negeri unggul lampeuneurut kecamatan darul imarah aceh besar. permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar negeri unggul lampeuneurut? dan apa saja hambatan yang dihadapi guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter di sekolah dasar negeri unggul lampeuneurut?. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar negeri unggul lampeuneurut dan untuk mengetahui apa saja hambatan yang dihadapi guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter di sekolah dasar negeri unggul lampeuneurut. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru berprestasi (teladan) sebagai informan utama

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK PADA PELAKSANAAN MEMBACA SISWA KELAS II DI SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (RAHMAWATI, 2018) ,

Baca Juga : PENERAPAN PENDIDIKAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SD GUGUS 20 KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (MERRY PRATIWI SUKMA, 2018) ,

an 7 orang siswa sebagai informan pendukung. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kepada guru, wawancara kepada guru dan siswa serta studi dokumentasi rekapitulasi nilai siswa. teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. berdasarkan hasil penelitian, upaya guru berprestasi (teladan) dalam pembentukan karakter siswa sudah baik terlihat guru selalu membimbing, mengasuh, mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik agar menjadi siswa yang berkarakter. guru tidak memiliki hambatan dalam pembentukan karakter siswa, karena jika ada kemauan didalam diri guru untuk membentuk karakter siswa maka hambatan tersebut tidak akan

Tulisan yang relevan

EVALUASI KETERAMPILAN BERMAIN BOLA BASKET SISWA SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Syahril, 2016) ,

UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH (Ajirna, 2017) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR (Zaini Fuza, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi