RIZKA YUANDA PUTRI. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK MELALUI GERAK TARI RANUP LAMPUAN DI TK-IT HAFIZUL ‘ILMI BLANG KRUENG KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak putri, rizka yuanda. 2018. mengembangkan kemampuan fisik motorik anak melalui gerak tari ranup lampuan di tk-it hafizul ‘ilmi blang krueng kabupaten aceh besar. skripsi. jurusan pendidikan guru anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. anizar ahmad, m.pd (2) dra. yuhasriati, m.pd kata kunci : fisik motorik, tari ranup lampuan kemampuan fisik motorik merupakan kecerdasan tubuh atau fisik seorang anak untuk membangun hubungan antara pikiran dan tubuh. bagaimana mengembangkan kemampuanfisik motorik anak melalui gerak tariranup lampuan menjadi kajian dalam penelitian ini. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan fisik motorik anak usia 5-6 tahun di tk hafizul ‘ilmi. penelitian ini penelitian tindakan kelas. subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelas b tk-it hafizul ‘ilmiblang krueng kabupaten aceh besar, yang berjumlah 8 anak dan keseluruhannya adalah perempuan. pengumpulan data melalui

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT HAFIZUL’ILMI ACEH BESAR (Ria Estikawati, 2018) ,

Baca Juga : PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI DI PAUD IT-HAFIZUL ‘ILMI KABUPATEN ACEH BESAR (MARISA SARDI, 2019) ,

teknik observasi dan unjuk kerja menggunakan tari ranup lampuan yang menunjukkan indikator pencapaian (1) keseimbangan, (2) ketepatan, (3) kelincahan, (4) koordinasi dan (5) kelenturan. hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus i anak mendapat kriteria berkembang sesuai harapan (bsh) 3 orang anak yaitu menunjukkan 3 aspek dari 5 indikator pencapaian perkembangan. hasil siklus ii mengalami peningkatan yaitu anak mendapat krititeria berkembang sesuai harapan (bsh) 2 orang anak, dan berkembang sangat baik (bsb) sebanyak 6 orang anak. disimpulkan bahwa kemampuan fisik motorik anak melalui tariranup lampuan dapat dikembangkan dengan cara memperkenalkan tariranup lampuan melalui gambar, mempraktekkan gerakan tariranup lampuan, melakukan latihan diluar jam pelajaran dan mengulang-ngulang gerakan, dan memberikan motivasi kepada anak agar dapat lebih semangat dalam melakukan gerakan tariranup lampuan. disarankan bagi guru dapat menggunakan tarian daerah disamping untuk mengembangkan kemampuan fisik motorik anak juga untuk melestarikan tarian

Tulisan yang relevan

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI PAUD IT HAFIZUL ILMI BLANG KRUENG (NUR KISAH HAYATI, 2018) ,

PENYAMPAIAN PESAN NON-VERBAL MELALUI GERAKAN SENI TARI RANUB LAMPUAN DALAM MELESTARIKAN NILAI ADAT PEUMULIA JAMEE (STUDI PADA MAHASISWA PRODI SENDRATASIK FKIP UNSYIAH) (AL-MUKARRAMAH, 2015) ,

PESAN BUDAYA DALAM TARI RANUP LAMPUAN BERDASARKAN TRADISI PEMULIA JAMEE (Ria Herlita, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi