Search :
Advance

Fajar Alfisyahril.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATERI SATUAN JARAK DANRN KECEPATAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

ABSTRAK Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, tipe teams games tournament, satuan jarak dan kecepatan Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan di dalam kelas dengan membentuk kelompok-kelompok kecil, guru memberikan permainan-permainan akademik dan guru mengadakan kompetensi/turnamen antar kelompok. Sebagai langkah untuk mewujudkan kesenangan dan keceriaan serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran maka perlu model pembelajaran dimana siswa dapat bermain sekaligus aktif dalam pembelajaran dan dapat menguasai materi pelajaran khususnya materi satuan jarak dan kecepatan dari latar belakang tersebut penelitian ini mengangkat masalah apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi satuan jarak dan kecepatan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament di kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VC yang berjumlah 31 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengambilan sampel sampling purposif dengan pertimbangan adanya kesepakatan antara peneliti dengan guru kelas dalam mengajarkan materi satuan jarak dan kecepatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah adanya perlakuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes dan analisis data menggunakan statistik uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data yang diperoleh dan dianalisis serta dilakukan pengujian hipotesis, dengan kriteria pengujiannya tolak Ho jika t ? t1-? dan terima Ho dalam hal lainnya. Dari analisis data didapat thitung = 3,052 dan ttabel dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 30 sebesar 1,70, sehingga t ? t1-? atau 3,052 ? 1,70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan hipotesis alternatif H1 yaitu “siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi satuan jarak dan kecepatan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament di kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh”.


Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X PADA MATERI VEKTOR DI SMA N 1 KUTA COT GLIE. (Zahratul Muhaira, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rusliana, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII DI SMAN 5 BANDA ACEHRNDI SMAN 5 BANDA ACEH (Zikrayanti, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN BUENG CALA ACEH BESAR (Sri Wahyuni, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PECAHAN KELAS V SDN 5 BANDA ACEH (Cut Nurul Fadila, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya