NOVA YULIA RISKA. MENGEMBANGKAN NILAI MORAL AGAMA ANAK MELALUI METODE CERITA ISLAMI DI PAUD IT HAFIZUL ‘ILMI. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak riska, nova yulia. 2018. mengembangkan nilai moral agama anak melalui metode cerita islami di paud it hafizul ‘ilmi. skripsi. jurusan pendidikan guru anak usia dini. fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. bahrun, m.pd (2) rahmi, s.pd.i, m.ed kata kunci : nilai moral agama, metode cerita islami nilai moral agama merupakan kemampuan pembentukan akhlak yang dijadikan sebagai pedoman dalam beribadah dan bertingkah laku sesuai dengan ajaran agama islam. bagaimana mengembangkan nilai moral agama anak melalui metode cerita islami di paud it hafizul ‘ilmi menjadi kajian dalam penelitian ini. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan nilai moral agama anak dengan penerapan metode cerita islami di paud it hafizul ‘ilmi. penelitian ini menggunakan analisis dalam bentuk deskriptifk kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. subjek penelitian ini adalah anak yang berusia 5-6 tahun yang berjumlah

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI PAUD IT HAFIZUL ILMI BLANG KRUENG (NUR KISAH HAYATI, 2018) ,

Baca Juga : MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DANMORAL ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA GAMBAR DI PAUD BUNGONG TANJONG KABUPATENACEH BESAR (Yusrawati, 2018) ,

2 orang anak, yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan nilai moral agama anak melalui metode cerita islami pada siklus i yaitu anak yang belum berkembang (bb) berjumlah 3 orang anak, mulai berkembang (mb) 5 orang anak dan berkembang sesuai harapan (bsh) 4 orang anak. pada siklus ii, pengembangan nilai moral agama anak menunjukkan bahwa anak yang berkembang sesuai harapan (bsh) berjumlah 2 orang anak dan anak yang berkembang sangat baik (bsb) berjumlah 10 orang anak. disimpulkan bahwa melalui metode cerita islami anak dapat terbiasa mengucapkan salam dan menjawab salam saat berjumpa, mengucapkan terima kasih, maaf, dan membaca do’a sehari-hari ketika melakukan sesuatu. sebaiknya agar anak dapat mengembangkan nilai moral agama anak, guru harus menggunakan cara yang kreatif agar membuat anak tertarik untuk mendengarkannya, salah satunya yaitu melalui metode cerita islami. abstract riska, nova yulia. 2018. developing children's religious moral value through islamic story method in paud it hafizul ‘ilmi.thesis, department of early childhood teacher education, faculty of teacher training and education. university of syiah kuala. counselor: (1) dr. bahrun, m.pd (2) rahmi, s.pd.i, m.ed keywords: religious moral value, islamic story method the moral value of religion is the ability to form moral that serve as a guide in worship and behave in accordance with the islam religion. how to develop the children’s religious moral value through the islamic story method in paud it hafizul ‘ilmi became the study in this research. the purpose of this research is to develop the moral values of child religion with the application of islamic story method in paud it hafizul ‘ilmi. this research used analysis in the form of descriptive qualitative with class action approach which is done with 2 cycles. the subjects of this study were children aged 5-6 years, total to 12 children, consisting of 8 boys and 4 girls. data were collected through observation and interview. the results showed that developing the moral values of children's religion through the islamic story method in the cycle i of children who have not developed (bb) amounted to 3 children, start developed (mb) 5 children and develop as expected (bsh) 4 children. in cycle ii, the development of religious moral values of children shows that children who develop as expected (bsh) amounted to 2 children and children of developed very well (bsb) amounted to 10 children. it is concluded that through the islamic story method children can get used to say salam and answer greetings when they meet, say thank you, sorry, and read everyday prayers when doing something. it is better for children to develop the moral values of religious children, teachers must use creative ways to make children interested to listen, one of the methods is through islamic story

Tulisan yang relevan

POLA PEMBINAAN AGAMA DAN MORAL ANAK DI PANTI ASUHAN ISLAM MEDIA KASIH SEUTUI BANDA ACEH (Sri Rahma Yulis, 2014) ,

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA ANAK HARIAN KOMPAS (Susi Agusriyanti, 2014) ,

PERAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN NILAI MORAL AGAMA BAGI ANAK DI KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Yenni Mulya, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi