Rizki Astriadi. ANALISIS ITEM TEST MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016-2017. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak astriadi, rizki. 2017. analisis test mata pelajaran sejarah kelas xi semester ganjil sma negeri 8 banda aceh tahun ajaran 2016-2017. skripsi, jurusan pendidikan sejarah, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. anwar yoesoef, m.si (2) drs. zulfan, m.hum kata kunci: analisis, item test, mata pelajaran sejarah. pelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sman 8 banda aceh. setiap tahunnya diadakan ujian. ujian semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dilakukan dengan ujian tertulis dalam bentuk soal pilihan berganda. penelitian yang berjudul “analisis item test mata pelajaran sejarah kelas xi semester ganjil sma negeri 8 banda aceh tahun ajaran 2016-2017”, penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kesukaran soal dan daya beda soal pada mata pelajaran sejarah semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di sman 8 banda aceh. dalam penelitian digunakan pendekatan

Baca Juga : ANALISIS KUALITAS SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018 MATA PELAJARAN GEOGRAFI BUATAN GURU KELAS XI SMA NEGERI SE KOTA BANDA ACEH (Dewi Melati, 2018) ,

Baca Juga : ANALISIS ITEM TEST MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMAN 1 BANDA ACEH, TAHUN AJARAN 2013-2014 (DEODE ATISA, 2015) ,

uantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas xi sman 8 banda aceh yang mengikuti test ujian semester ganjil. sedangkan sampelnya ialah siswa kelas xi/ips-2 yang terdiri dari 34 siswa. untuk mengumpulkan data digunakan teknik dokumentasi . berdasarkan hasil analisis soal buatan guru mata pelajaran sejarah kelas xi/ips-2 sma n 8 banda aceh jika ditinjau dari tingkat kesukarannya, butir-butir soal tergolong sedang atau cukup. hal ini dapat diketahui bahwa dari 40 butir soal terdapat 3 (7,5%) soal tergolong sukar, 24 (60%) soal tergolong sedang dan 13 (32,5%) tergolong mudah. sedangkan jika dilihat dari daya beda soal, dapat dikategorikan cukup (sedang). hal ini juga dapat dilihat dari hasil analisis 40 butir soal, menunjukkan 10 (25%) tergolong kategori jelek, 17 (42,5%) dan soal termasuk kategori cukup, 12 (30%) berkategori baik dan hanya 1 (2,5%) soal yang tergolong kategori baik sekali.

Tulisan yang relevan

ANALISIS TINGKAT KESUKARAN SOAL DAN DAYA PEMBEDA SOAL MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015-2016 (Heppi Yuslita, 2016) ,

ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA UJIAN SEMESTER GANJIL SISWA KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Fifi Fajar, 2014) ,

PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR TIRUAN (MAKET) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA PRAAKSARA SISWA KELAS X SMA LAB SCHOOL UNSYIAH SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN, 2017-2018 (Devi Ana Amalia, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi