NURUL FAHMI. ANALISIS KALIMAT IMPERATIF YANG DIGUNAKAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak fahmi, nurul. 2018. analisis kalimat imperatif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di sma inshafuddin banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, unversitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. saifuddin mahmud, m.pd., (2) azwardi, s.pd., m.hum. kata kunci: kalimat imperatif, guru, pembelajaran bahasa penelitian ini berjudul “analisis kalimat imperatif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di sma inshafuddin banda aceh”. sesuai dengan masalah yang ditentukan, tujuan penelitian ini mendeskripsikan jenis dan penanda kalimat imperatif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di sma inshafuddin banda aceh. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. data penelitian ini bersumber dari ujaran yang berupa kalimat imperatif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas. sumber data penelitian ini adalah guru bahasa

Baca Juga : ANALISIS KALIMAT IMPERATIF DALAM BAHASA GAYO (Ellinda Triariska, 2016) ,

Baca Juga : ANALISIS BAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTSS LAM UJONG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (LASMY, 2016) ,

ndonesia di sma inshafuddin banda aceh. pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam (perekaman), teknik simak, dan teknik catat. hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kalimat imperatif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di sma inshafuddin banda aceh adalah sebagai berikut: (1) kalimat imperatif tak transitif, (2) kalimat imperatif transitif, (3) kalimat imperatif halus, (4) kalimat imperatif ajakan, dan (5) kalimat imperatif larangan. selanjutnya, penanda kalimat imperatif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di sma inshafuddin banda aceh adalah verba dasar, frasa adjektival, verba tak transitif (tidak memiliki objek), penanda nama diri atau kata ganti, bentuk pasif, verba transitif (memiliki objek), kata coba, kata tolong, kata silakan, kata ayo, dan kata jangan atau bentuk tidak

Tulisan yang relevan

KARAKTERISTIK BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI SMA ISLAM AL-FALAH ACEH BESAR (Siti Novia, 2017) ,

RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS TINGGI SD NEGERI BARIEH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS TINGGI SD NEGERI BARIEH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Nurjannah, 2014) ,

KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH MENGUBAH KALIMAT SIMPLEKS MENJADI KALIMAT KOMPLEKS (Ira Ayu Astuti Utami, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi