Indah Fitriani. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI STRATEGI BEACH BALL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak fitriani, indah. 2018. penerapan metode pembelajaran diskusi strategi beach ball berbantuan madia audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar ips terpadu siswa kelas vii smp negeri banda aceh. skiripsi, jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. hasmunir, m.si., (2) drs. abdul wahab abdi, m.si kata kunci : penerapan, strategi beach ball, hasil belajar, audiovisual, ips terpadu metode pembelajaran diskusi strategi beach ball merupakan salah satu metode pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa untuk saling bertukar pendapat tentang suatu permasalahan bersama-sama guna mencari pemecahan masalah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar siswa (2) kesesuaian aktivitas guru dan siswa (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi strategi beach ball berbantuan media

Baca Juga : PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI STRATEGI BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI DI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (Epi Rahayu, 2015) ,

Baca Juga : PENGARUHPENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAPHASIL BELAJARIPS TERPADU SISWA KELAS VII MTSN RUKOHBANDA ACEH (SARTINA, 2015) ,

sual. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (classroom process research). subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas vii-5 smp negeri 8 banda aceh yang berjumlah 21 orang siswa. analisis data menggunakan statistik deskriftif persentase. hasil peneltian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 7 siswa yang tuntas pada siklus i, menjadi 14 siswa yang tuntas pada siklus ii dan 20 siswa yang tuntas pada siklus iii, persentase ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari 40% pada siklus i, menjadi 70 % pada siklus ii dan 90% pada siklus iii; (2) jumlah kesesuaian aktivitas guru dan siswa meningkat dari 6 aktivitas yang sesuai pada siklus i menjadi 8 aktivitas yang sesuai pada siklus ii dan 9 aktivitas yang sesuai pada siklus iii; (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan, diperoleh skor 2,42 kategori sedang pada siklus i meningkat pada siklus ii mendapatkan skor 3,14 dengan kategori baik dan mendapatkan skor 3,27 pada siklus iii dengan kategori baik; (4) sebanyak 90% siswa menyatakan memahami pembelajaran dan 81% siswa berminat untuk mengikuti pembelajaran munggunakan metode diskusi strategi beach ball berbantuan media audiovisual. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpilkan bahwa, terdapat peningkatan hasil belajar siswa mulai dari siklus i sampai siklus iii dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi strategi beach ball berbantuan media audiovisual di kelas vii-5 smp negeri 8 banda aceh.

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (M. Firman Irha, 2017) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IS-1 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Yayah Rodyah, 2017) ,

PENERAPAN SRTATEGI PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA MINDJET MINDMANAGER DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Rahmidar Purnama Sari, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi